Swedia Mencapai Suhu Terpanas Sejak 1994


Swedia Mencapai Suhu Terpanas Sejak 1994 

Bagian utara Swedia, Hästveda, Sabtu kemarin mencapai suhu terpanas sejak tahun 1994, yaitu sekitar 34, 5 derajat Celsius. 

Suhu ini adalah yang terpanas pernah dicapai di Swedia sejak tahun 1994. Hästveda akhirnya bergabung dengan wilayah Swedia lainnya, yang sudah lebih dulu mencapai suhu di atas 30 derajat celcius. 

Menurut Badan Meteorologi Swedia (SMHI), selain Hästveda, ada pula Wilayah Målilla dengan suhu 34,2 derajat celcius, Norrkoping dan Kolmården di selatan in Stockholm di atas 33,8 derajat celcius. Badan meteorology memperkirakan di Hari Minggu, cuacanya akan lebih panas. "Kami melihat kemungkinan cuaca akan sedikit lebih hangat,” ujar Alexandra Ohlsson, seorang meteorologist di SMHI.

Diperkirakan cuaca panas ini akan terus naik hingga mencapai 38 derajar celcius. Keadaan ini pernah terjadi di wilayah Ultuna, selatan Uppsala pada tahun 1933 dan di Målilla di tahun 1947.

Sementara itu di wilayah utara, cuaca relative lebih stabil dan rendah. Selain cuaca panas, SMHI juga memperkirakan akan adanya badai petir di wilayah barat Swedia dan wilayah laut Balkan mulai minggu ini.  Cuaca diprediksi akan kembali turun pada pertengan bulan Juli dan dimulai dari Selatan Swedia. Musim panas yang sudah dimulai sejak akhir Juni membuat warga Swedia memadati wilayah pantai dan danau. Hal ini menyebabkan masalah baru, awal Juni 2010 ini tercatat 13 kasus tenggelam. 

Bulan Juli merupakan pertanda musim panas yang bertepatan dengan liburan sekolah. Bulan ini selalu membuat Pemerintah Swedia khawatir, karena remaja yang kepanasan akan menghabiskan waktu di danau maupun pantai. Juli 2010, tercatat 26 orang telah meninggal akibat tenggelam. Sekitar 10 tahun terakhir, warga yang tewas akibat tenggelam di Bulan Juli sudah mencapai 262 korban. www.thelocal.se

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Swedia Mencapai Suhu Terpanas Sejak 1994 "

Post a Comment