10 Negara Paling Inovatif Yang Perlu Anda Tahu



10 Negara Paling Inovatif

Sebuah lembaga non profit independent, The Boston Consulting Group yang berada di Washington - Amerika Serikat melakukan penelitian terhadap negara-negara yang dianggap inovatif. Kriteria inovatif termasuk kebijakan politik dan ekonomi negara, aplikasi teknologi, penelitian dan riset, performa keuangan, produktivitas buruh, investasi luar negeri dan migrasi.

India berada di posisi 46. Silicon Valley yang menjadi ikon pertumbuhan teknologi India belum cukup mampu mengangkat perekonomian negara dengan populasi yang berjumlah 1,15 milyar jiwa.  Sedangkan Cina menduduki peringkat 27.

1. Singapura
Singapura dianggap sebagai negara yang inovatif dalam mempertahankan kestabilan ekonomi dan politik. Saat krisis ekonomi menghampiri dunia pada tahun 2008, Singapura berhasil melakukan strategi untuk menyelamatkan perekonomian negara dengan penduduk hampir 5 juta jiwa ini. Keberhasilan lainnya yang semakin menegaskan Singapura sebagai negara paling inovatif adalah pemerintahan yang bebas dari korupsi dan ramah lingkungan. 

2. Korea Selatan
Korea selatan turun satu peringkat sebagai negara paling innovatif dibanding tahun 2004.  Korea Selatan mendapat hantaman keras yang menganggu stabilitas GDP (Gross Domestic Product) di tahun 2008. Perdagangan saham di negara ini turun hingga 40% dan nilai won anjlok hingga mendekati 26%. Namun Korea Selatan berhasil bangkit melalui industri otomotif, elektronik serta sektor pariwisata. Angka pengagguran di negara ini 3,2% dengan jumlah pekerja sebesar 24,35 juta jiwa.

3. Swiss
Swiss menjadi negara terinovatif di peringkat ketiga karena kenyamanan, ketentraman, angka pengangguran yang sangat rendah dan angka GDP tertinggi diantara negara-negara lain yang ditawarkan oleh negara dengan populasi 7,593,500 (2007) jiwa ini. Dalam segi tingkat kriminalitas, Swis dianggap sebagai negara yang relatif aman dari ancaman kriminal. Menurut situs nationmaster angka pembunuhan di Swiss 0.00921351 per 1.000 orang.

4. Eslandia
Eslandia adalah negara yang berhasil menggabungkan perdagangan bebas dan kapitalisme. Tahun 2008, Eslandia hampir bangkrut. Estonia mendapatkan pinjaman dari IMF yang jumlahnya US $ 10 milyar untuk menstabilkan perbankan Eslandia. 

5. Irlandia
Irlandia menduduki peringkat ke-5 sebagai negara paling inovatif karena kemampuannya dalam mempertahankan pendapatan negara. Kenaikan GDP Irlandia dalam kurun 1995-2005 adalah sebesar 6%. Irlandia juga dianggap berhasil mengawinkan industri agrikultur dan industri berat serta jasa. Pemerintah yang sungguh-sungguh meningkatkan perekonomian, menjaga kestabilan harga dan inflasi gaji, berhasil meningkatkan investasi luar negeri.  

6. Hong Kong
Hong Kong juga termasuk negara yang kepayahan saat krisis global tahun 2008. Namun Hong Kong berhasil keluar dari krisis melalui sektor perdagangan, turisme dan perbankan. Pertumbuhan GDP dari tahun 1989-2007 sebesar 5%. Kini dollar Hong Kong hampir mendekati harga dolar Amerika Serikat.

7. Finlandia
Finlandia berhasil keluar dari krisi ekonomi 2008. Industri beratnya kini bersaing dengan Inggris, Jerman, Itali dan Perancis.  Finlandia adalah salah satu negara yang disegani di Uni Eropa. Angka pengangguran sebesar 6,4 % dengan angka pekerja 2,53 juta.

8. Amerika Serikat
Kekuatan terbesar Amerika Serikat adalah pada perekonomian dan teknologi tinggi. GDP per kapita US $ 48.000,-. Januari 2009 Kongres Anerika Serikat dan Presiden Barack Obama menyediakan dana tambahan sebesar  US $ 787 milyar . Dua per tiga dana tersebut digunakan untuk pembelanjaan, sepertiga untuk memotong pajak dengan menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan daya beli masyarakat.

9. Jepang
Sejak Perang Dunia ke-2, Jepang mulai memperlihatkan kekuatannya melalui pemerintahan yang solid, industri, etos kerja keras, serta pertahanan dan keamanan negara. Jepang juga menjadi negara dengan tingkat pembangunan teknologi tertinggi di dunia setelah Amerika Serikat.

10. Swedia
Kekuatan Swedia terletak pada sistem distribusi yang modern, internal dan eksternal komunikasi yang canggih, dan tenaga kerja yang terampil. Saat terjadi krisis global 2008, Swedia berhasil keluar dengan kebijakan pemerintah berupa paket dana US $ 6 milyar untuk perbankan. (lisya, business.rediff.com, dan sumber lain)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Negara Paling Inovatif Yang Perlu Anda Tahu"

Post a Comment