Bayangan Robot dalam Cermin

Ilustrasi
Bayangan Robot dalam Cermin

Peneliti Jepang telah mengembangkan robot manusia yang dapat tertawa, tersenyum mirip dengan mimik manusia. 
Robot jenis Geminoid TMF, bahkan dapat mengerinyitkan dahi, meniru senyum manusia, tertawa hingga memperlihatkan giginya, menampakkan wajah marah hingga alis matanya naik sebagai respon dari lawan bicara sang robot. 

Para peneliti tersebut bahkan mendemonstrasikan bagaimana roboot tersebut dapat meniru ekspresi manusia dengan sangat mirip. Dalam gambar di samping terlihat seorang wanita dan robot mengenakan busana sama. Robot tersebut tersenyum secara simultan mirip dengan perempuan di sampingnya.

Untuk dapat meniru gerakan dan ekspresi lawan bicara, robot ini dilengkapi oleh kamera dan alat penerima sinyal ekspresi. Menurut para peneliti, nantinya robot-robot ini akan ditempatkan pada kehidupan nyata, terutama tempat-temapt yang membutuhkan layanan keramah tamahan seperti rumah sakit atau hotel. 

"Kami telah mendapatkan informasi bahwa robot ini telah memberikan perasaan aman kepada pasien, dengan tersenyum saat bertemu pasien yang berkunjung ke rumah sakit.” Ujar  Satoko Inoue, juru bicara untuk Kokoro, salah satu perusahaan yang terlibat dalam pengembangan robot ini. 

"Teknologi baru biasanya menciptakan ketakutan dan opini negative, namun para peneliti yang mengembangkan robot ini hanya ingin membat robot ini dapat berekspresi sesuai emosi manusia,” ujar Hiroshi Ishiguro, seorang professor dari Universitas Osaka yang juga berperan sebagai pemimpin penelitian. www.thestandard.com.hk

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bayangan Robot dalam Cermin"

Post a Comment