Studi: Kopi Rebus Kurangi Resiko Kanker Payudara


Studi: Kopi Rebus Kurangi Resiko Kanker Payudara 

Perempuan yang meminum kopi rebus lebih dari 4 kali sehari memiliki resiko kanker payudara lebih rendah dibanding mereka yang meminum kurang dari 1 gelas per hari. Hal ini diungkapkan oleh sebuah penelitain yang dilakukan di Swedia baru-baru ini.

Para peneliti dari  Universitas Umeå  menjelaskan keuntungan bagi wanita para peminum kopi rebusan. Dibanding dengan kopi yang telah mengalami penyaringan, kopi dari biji kopi alami memiliki 80 kali kandungan yang terbukti menghindari dan mengurangi sel kanker pada hewan.  

Namun kopi rebusan ini juga memiliki efek negatif bagi kesehatan. Menurut penelitaian, kopi rebusan meningkatkan resiko penyakit pada pankreas dan kanker paru-paru pada kaum pria.  Sementara antara kopi yang telah mengalami menyaringan, belum ada penelitian yang menunjukkan hubungan dengan resiko kesehatan.  

Sebetulnya, kopi yang telah mengalami penyaringan bermanfaat mengurangi resiko kanker payudara bagi wanita di atas usia 55 tahun. Namun, akan menjadi sebaliknya bagi wanita sebelum usia 49 tahun. 

Penelitian ini melibatkan  64.603 orang dan hasilnya telah diterbitkan dalam Jurnal Ilmiah Pengendalian dan Penyebab kanker. Studi ini merupakan kali pertama menbandingkan konsumsi kopi melalui cara menyiapan berbeda.  

Negara-negara Nordik, merupakan negara dengan konsumsi kopi terbanyak di dunia. Dengan konsumsi per tahun 12 kg per annum. Menurut Sumber Institut Statistik pada tahun 2008,  Swedia menjadi negara keenam dengan konsumsi kopi terbanyak, yaitu 8,2 kg. www.thelocal.se

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Studi: Kopi Rebus Kurangi Resiko Kanker Payudara "

Post a Comment