Obesitas Pada Ibu Bisa Menimbulkan Anak Rentan Terhadap Penyakit

Obesitas pada Ibu bisa menimbulkan anak rentan terhadap penyakit

Alzheimer dan Parkinson adalah beberapa penyakit yang dapat diindap 

Obesitas pada ibu bisa memicu bayi di dalam kandungannya mengindap Alzheimer, Parkinson, Diabetes, Stroke, Jantung, dan penyakit lainnya. Hal ini diungkapkan oleh penelitian terbaru dari Universitas Duke, Amerika Serikat.

Sebuah percobaan pada tikus menunjukkan bahwa kimia tubuh janin tikus berubah ketika ibu tikus mengalami obesitas. Hal tersebut juga terlihat pada bayi-bayi manusia. Fenomena perubahan tersebut terjadi pula pada manusia, walaupun penelitian ini masih harus ditindaklanjuti lebih dalam.

Ilustrasi :bunda.co.id
“Harapan kami, bahwa data ini dapat menyadarkan masyarakat untuk menjaga bobot tubuh mereka dan menjalani diet yang sehat. Karena akan berpenguruh tidak hanya pada anak-anak mereka namun juga pada cucu-cucu mereka.” Ujar Stasi D. Bilbo, salah seorang peneliti dari Universitas Duke.Hampir 2/3 wanita hamil di Amerika Serikat mengalami kelebihan berat badan atau Obesitas.

Bilbo dan rekan-rekannya menerapkan diet khusus pada ibu tikus yang obesitas tersebut. Diet rendah lemak, lemak jenuh tinggi dan lemak trans tinggi pada saat 4 minggu sebelum kawin dan selama masa kehamilan maupu menyusui. Hasilnya, bayi tikus yang dilahirkan dari ibu dengan kadar lemak tinggi secara klinis mengalami obesitas.

Pada studi lain, peneliti juga menemukan bahwa obesitas pada saat pra kehamilan dan kehamilan pada wanita Afrika-Amerika meningkatkan resiko kelahiran premature. Temuan ini dipublikasikan melalui online pada jurnal Epidemiology. (livescience.com) 

Kenaikan berat badan normal wanita hamil adalah 25-35 pon dari berat badan ideal seorang wanita (Institue Midicine)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Obesitas Pada Ibu Bisa Menimbulkan Anak Rentan Terhadap Penyakit"

Post a Comment