Kepolisian Tokyo akan memasang kamera di seluruh stasiun kereta bawah tanah

Kepolisian Tokyo akan memasang kamera di seluruh stasiun kereta bawah tanah

Metro Tokyo akan memasang kamera pengaman di seluruh stasiun kereta bawah tanah di Tokyo. Hal ini untuk memberikan pelayanan keamanan lebih ketat kepada masyarakat terutama pada jam sibuk saat masyarakat pergi ke kantor atau aktivitas lain. 

Tribunnews
Sistem yang baru ini memungkinkan petugas keamanan memantau gambar dari berbagai sudut stasiun secara simultan dari satu lokasi. Kamera ini juga berfungsi menangkal aksi terorisme. 

Banyaknya perusahaan yang bergerak dalam bidang kereta bawah tanah akhirnya meningkatkan teknologi baru dalam bidang ini. Baru-baru ini, Perusahaan Kereta Listrik Keihin Express, memperkenalkan teknologi kamera dengan remote control.  Namun aturan pemerintah tentang operasional kamera ini belum disebarkan ke publik. Beberapa kalangan mengkhawatirkan gambar-gambar yang diambil melalui kamera ini dapat melanggar hak privasi masyarakat
Pada Maret lalu, Metro Tokyo mengumumkan penambahanan jumlah pemasangan kaera keamanan hingga mencapai 6.542 unit untuk 170 stasiun kereta listrik bawah tanah. Gambar yang ditangkap di stasiun kereta akan dikirim ke kantor pusat pengendalian melalui jaringan internet. 

Sistem kamerea ini mendatangkan hasil yang menggembirakan saat Angin Tyfun menghantam Tokyo di Bulan Oktober 2009. Adanya kamera memberikan cara bagi petugas untuk mengarahkan para penumpang menyelamatkan diri. Saat itu, kereta berhenti antara Stasiun Toyocho dan Nishifunabashi selama 5 jam. Kejadian ini memberikan efek kepada 29.000 penumpang yang kesulitan berpergian. Pada saat itu, kamera keamanan memberikan informasi mengenai kondisi penumpang di dalam kereta dan stasiun, dan membantu para penumpang yang panik hingga mereka dapat keluar dari kereta dengan selamat. 

Perhatian Metro Tokyo terhadap keamanan stasiun kereta dipicu oleh ledakan di stasiun Moscow  pada 29 Maret 2010. 

Nobuo Komiya, professor Kriminologi dari Universitas Rissho memberikan komentar atas pemasangan kamera ini. ”Penggunaan teknologi mutakhir akan mengundang reaksi sosial, namun jika aturan penggunaannya tidak dijelaskan kepada publik, sepertinya akan sulit bagi masyarakat untuk percaya bahwa kamera ini digunakan dengan sesuai. Aturan ini harus membuat publik yakin bahwa gambar-gambar mereka digunakan secara tepat." www.yomiuri.co.jp

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kepolisian Tokyo akan memasang kamera di seluruh stasiun kereta bawah tanah"

Post a Comment