Museum Kereta Api Belanda

Museum Kereta Api Belanda menghadirkan berbagai kereta kerajaan di Eropa. Kereta-kereta ini didatangkan dari Inggris, Swedia, Denmark, Belgia, Republik Czech dan Portugal. 

Pameran ini dinamakan “Kelas Bangsawan, Sebuah upacara perjalanan,” secara resmi dibuka melalui Kerajaan Belanda oleh Ratu Beatrix. Saat meresmikan acara ini, Sang Ratu diantar oleh kereta pribadinya.

Pameran ini dimulai dnegan memperlihatkan bagaimana kegiatan perjalanan keluarga Kerajaan Belanda di abad ke-19. Ruangan pameran disulap seperti stasiun kereta zaman kolonial, dengan ruang tunggu yang atapnya terbuat dari kayu plus perapian yang hangat. 

Museum Kereta Api Belanda
marinmommies.com
Sebuah kereta yang dibuat pada tahun 1862 untuk Ratu Portugis, Maria Pia juga dipamerkan di sini. Sementara itu, sebuah kereta dari Itali memiliki kisahnya sendiri. Kereta yang digunakan oleh salah satu ratu Itali, merupakan hadiah dari sang ayah tercinta, Raja Victor Emmanuel II. Kereta ini memiliki panjang 33 meter, dengan mesin uap lokomotif pada bagian depannya. Untuk memberikan kenyamanan para ratu diperjalanan. Kereta tersebut juga dilengkapi dengan interior ruangan bewarna emas dan kain beludru merah serta brokat sutra bewarna krem. Di dalam kereta juga dilengkapi dengan tempat tidur dan toilet yang terpisah dengan ruang duduk.

Kereta terkecil di pameran ini berukuran 6,4 meter. Kereta ini konon merupakan kereta tertua di dunia yang masih utuh menurut kurator museum Jos Zijlstra. “Kereta ini adalah kereta tertua di dunia yang masih bisa diselamatkan.” Dibuat pada tahun 1842 oleh Ratu Inggris Adelaide. Kereta kerajaan tersebut memberikan kesan kuno sekaligus inovatif karena memiliki tempat tidur yang bisa dilipat. 

Kereta dengan ruang rias pertama kali dibuat pada tahun 1910 dari Kerajaan Austria, oleh Franz Ferdinand. Kereta ini bisa dikatakan kereta tercanggih pada masa itu karena sudah dialiri istrik dan pemanas. Toiletnya juga dibuat terpisha dari ruang duduk kereta. Kereta ini juga dilengkapi dengan kamar tidur dan dua tempat tidur. 

Menurut Zijlstra, beberpa kereta sudah begitu rentan dan harus ditangani dengan hati-hati. “Beberapa kereta yang rentan itu bahkan harus dibawa dengan menggunakan truk dan dipindahkan dengan alat khusus.” 

Untuk membawa kereta-kereta bersejarah itu ke Belanda dan mendekor interior museum, memerlukan biaya €550,000 atau senilai dengan US $ 742,279.98. Pameran ini terbuka untuk umum hingga Bulan September 2010. www.telegraph.co.uk

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Museum Kereta Api Belanda"

Post a Comment