Survey: Masyarakat Asia Menyukai Belanja Online

Survey: Masyarakat Asia Menyukai Belanja Online

Singapura: Konsumen di wilayah Asia Pasifik adalah klompok terbesar di dunia yang belanja secara online. Mereka juga mengandalkan internet untuk melakukan pemesanan mapun pembelian. Hal ini dibuktikan melalui survey yang dilakukan oleh Nielsen.

Menurut perusahaan penelitian asal Belanda tersebut, sekitar 35% konsumen di Asia Pasifik, 11% di antaranya menggunanakan pendapatan mereka untuk belanja online setiap bulan. 
Dari penelitian tersebut, masyarakat Korea Selatan adalah konsumen online terbesar di Asia. Sekitar 59% warga Korea Selatan menghabiskan uang mereka untuk belanja di dunia maya. Tempat kedua diduduki oleh masyarakat Cina, yaitu sebesar 41%. 

Credit:technofaq.org
Dari jumlah 31% pembeli online di Asia, sekitar 6-10% rutin menghabiskan pendapatan mereka dengan membeli barang melalui internet. 

Masyarakat Asia Pasifik juga lebih tertarik belanja melalui internet dalam 6 bulan ke depan dibanding wilayah-wilayah lainnya. Korea Selaan dan Cina adalah dua negara yang paling antusias untuk belanja online. Beberapa produk yang menarik minat masyarakat Asia untuk dipesan adalah buku, baju, asesoris, sepatu, tiket pesawat, peralatan elektronik dan pemesanan hotel. 

"Teknologi dan internet akan membuat perubahan besar terhadap perilaku pembelian, tempat peredaran uang maupun bagaimana pembeli berinteraksi dengan penjual,” ujar Pete Gale, managing director pada  Nielsen's Retailer Services. 

"kami melihat pasar yang amat kuat pada Korea Selatan, dimana populasinya sangat besar dalam melakukan pembelian online untuk kosmetik, belanja kebutuhan pokok maupun tambahan nutrisi,” tambah Pete. 
Namun di saat yang sama, masyarakat Asia Pasifik juga paling mudah menyatakan ketidakpuasannya terhadap produk yang mereka beli secara online dibanding penduduk lainnya di dunia. 

"Meningkatkan kemudahan masyarakat mengakses internet dan kepopuleran media sosial menunjukkan betapa sebuah brand kini tidak bisa bersembunyi,” ujar Megan Clarken, Asia-Pacific managing director pada divisi online Nielsen. 

Nielsen juga mengungkapkan, jejaring sosial seperti facebook, Twitter atau blog lain juga sangat kuat mendorong masyarakat untuk melakukan pembelian online. www.channelnewsasia.com 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Survey: Masyarakat Asia Menyukai Belanja Online"

Post a Comment