Hacker Berbasis di Cina Curi Dokumen Rahasia India



Hacker berbasis di Cina curi dokumen rahasia India

Beijing: hacker berbasis di Cina mencuri informasi rahasia India. Sekitar 1500 email dari Kantor Dalai lama dan dokumen penting lainnya raib.

Peneliti dari Universitas Toronto, Kanada yang turut membantu menangani kasus ini menemukan jejak sang pencuri di daerah Cina. Tepatnya di Baratdaya Chengdu. Para peneliti Kanada itu menambahkan bahwa mereka telah memonitor aktivitas hacker yang sudah berlangsung 8 bulan terakhir ini. 

Sejauh ini belum ada bukti yang cukup yang menegaskan keterlibatan Pemerintah Cina terlibat dalam hal ini. Sementara itu dari laporan lain, tim penyidik telah mendapatkan jejak penyerangan terhadap Google dan perusahaan komputer lain yang berbasis di Cina. 

"Dari waktu ke waktu kami selalu mendengar hal ini. Saya tidak tahu tujuan apa dibalik isu ini,” ujar Jiang Yu, juru bicara kementerian luar negeri kepada pers ketika ditanya mengenai hal ini. 

"Secara tegas kami bersebrangan terhadap berbagai kegiatan hacking di internet,” tambah Jiang. Jiang juga menambahkan bahwa Cina juga berperang terhadap kejahatan internet menurut hokum yang berlaku dan secara resmi, para peneliti Kanada itu belum ada kontak dengan pihak Cina. 

Kegiatan hacking ini diberinama “Shadow network” dan telah membobol sejumlah instansi, mencuri informasi dari Kedutaan India, Kabul (Afganistan), Moscow dan tempat lainnya. 

Hingga saat ini, identitas sang Hacker masih belum diketahui. The identity and motivation of the hackers remain unknown, the report said. Rob Deibert, direktur Laboraturium Masyarakat di Universitas Torornto mengatakan Pemerintah India baru mengetahui pembobolan ini pada Februari 2010. 

"Pemerintah Indinea berterima kasih atas informasi dari kami, dan menantikan kerjasama selanjutnya’’ ujar Deibert. 
"Beberapa dokumen yang hilang diantaranya informasi sensitive seperti rahasia pemasaran, namun hal ini menyangkut hajat hidup masyarakat India,” tambah Deibert lagi. 

Di tengah isu pencurian dokumen tersebut, dalam minggu ini, Cina dan India akan merayakan 60 tahun hubungan diplomatik kedua negara. arabnews.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hacker Berbasis di Cina Curi Dokumen Rahasia India"

Post a Comment