Seoul Luncurkan Mobil Tenaga Listrik

Seoul Luncurkan Mobil Tenaga Listrik



Kendaraan ramah lingkungan dengan daya listrik rendah akan mulai beroperasi di Seoul

Korea Selatan sudah mulai memasarkan mobil listrik berdaya rendah. Kendaraan yang mampu berlari dengan kecepatan 60 km/jam. Kendaraan yang disinyalir sebagai mobil paling ramah lingkungan ini akan segera dipasarkan di Korea Selatan, Amerika Serikat dan Eropa. 

Sebelumnya kendaraan ini belum bisa dioperasikan di jalan raya biasa, karena alasan keamanan. Untuk menjalankan mobil ini dengan aman, trek yang direkomendasikan adalah jalan di sekitar taman atau lapangan golf. Desember lalu Pemerintah Korea Selatan mulai merevisi undang-undang transportasinya dengan menambahkan aturan bagi kendaraan listrik ini supaya bisa berada di jalan raya layaknya kendaraan lain. 

30 Maret lalu  Pemerintah Seoul sudah mengeluarkan izin bagi kendaraan listrik dengan kecepatan rendah ini.  Sekitar 3,2% jalan di Seoul sudah disiapkan untuk kendaraan ini. Sebelum menjalankan kendaraan ini, pengemudi diwajibkan mengecek rute mana yang bisa dilalui. 

Distribusi kendaraan ini masih sangat sedikit di Korea Selatan. Pemerintah kota Seoul  tidak memberlakukan bebas pajak atau mempromosikan kendaraan ini kepada masyarakat. Kebijakan pemerintah kota untuk mengizinkan kendaraan ini beroperasi adalah sebagai langkah dalam mendukung Kementerian Lingkungan Hidup Korea Selatan. 

Jika dibandingkan dengan kendaraan mini, mobil listrik ini sangat menghemat biaya. Pada tahun 2010 ini Seoul akan membangun 100 stasiun isi ulang batere mobil dan sejumlah tempat parkir khusus. 

Usaha lain yang akan ditempuh Pemerintah Kota Seoul dalam mendukung pemerintahan yang peduli pada lingkungan adalah dengan mengganti transportasi umum untuk jarak dekat dengan kendaraan listrik. Sebuah studi memperlihatkan setidaknya 3.000 metrik ton gas rumah kaca setiap tahunnya akan berkurang dengan adanya kendaraan jenis ini. www.korea.net

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Seoul Luncurkan Mobil Tenaga Listrik"

Post a Comment