Seperempat Masyarakat Jerman Hindari Internet

Seperempat Masyarakat Jerman Hindari Internet 

Rasanya aneh jika negara industri maju sekelas Jerman, seperempat masyarakatnya justru anti terhdap internet namun itulah kenyataan yang ditangkap dari sebuah studi baru-baru ini. Lebih dari seperempat penduduk Jerman  yang berusia dari 14 tahun tidak menggunakan internet.

Dari 19 juta masyarakat Jerman, 28% persennya dengan usia di atas 14 tahun belum pernah masuk ke dunia maya. Hal ini dipublikasikan oleh D21, salah satu agen penelitian di Berlin. Umumnya, kelompok yang “offline” ini adalah wanita. 

Credit : www.despardes.com
24% dari peserta studi yang berusia di atas 14 tahun mengatakan mereka tidak menggunakan internet dalam kegiatan sehari-hari dan tidak memiliki rencana menggunakannya di masa depan. “Banyak orang Jerman yang ketakutan pada internet, ada ketidakpercayaan terhadap internet di sini,” ujar Robert Wieland, salah satu penggagas penelitian ini. 

Penelitian ini berdasarkan respon dari 30.000 penduduk Jerman juga menunjukkan penurunan penggunaan internet dibandingkan penelitian sejenis tahun lalu. Menurut penelitian ini, penjelajahan di dunia maya menurun seiring dengan pertumbuhan usia dan pendidikan. Tetapi penelitian ini juga memperlihatkan fenomena unik, bahwa 30% wanita paruh baya lebih banyak menggunakan internet ketimbang laki-laki dengan rentang usia yang sama. 

Pendapatan rumah tangga juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi penggunaan inernet dalam masyarakat Jerman. Tahun lalu dana yang dialokasikan untuk biaya internet per keluarga kurang  dari €1,000 per bulan. Kini biayanya bisa melonjak 50%. 

Wilayah barat dan timur di Jerman juga memiliki kebiasaan yang berbeda dalam menggunakan internet. “masyarakat di Timur cenderung lebih tertinggal di banding barat,” ujar Wieland. 

Mayoritas masyarakat Jerman (hampir 69%) umumnya menggunakan internet dengan kecepatan tinggi.  Menurut anggota parlemen untuk Kementerian Ekonomi, Hans-Joachim Otto, studi ini membantu pemerintah dalam menyusun perencaan untuk meningkatkan kompetensi digital negara. “Berama-sama kita akan mengisi jurang digital ini, “ ujarnya. Berlin berencana memasang seluruh jaringan internet di seluruh wilayahnya. “Kami yakin, kita dalam jalan yang benar untuk meraih tujuan yang tepat, “ tambah Hans. www.thelocal.de

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Seperempat Masyarakat Jerman Hindari Internet "

Post a Comment