Parade Cinta Membawa Luka

Parade Cinta Membawa Luka

19 orang resmi dinyatakan tewas dalam sebuah kerusuhan besar di Jerman. Kerusuhan ini terjadi saat orang berbondong-bondong memasuki terowongan dalam sebuah pesta yang dinamakan “Parade Cinta” di Duisburg. 

Menurut pihak berwenang sekitar 16 orang tewas di tempat pada peristiwa “Parade Cinta,” sebuah pesta musik yang pertama kali diselenggarakan di Berlin Timur pada tahun 1989. Korban meninggal bertambah pada sore dan malam harinya sebanyak 3 orang. Sekitar 340 orang juga dinyatakan luka-luka serius dan harus dilarikan ke rumah sakit. 

Credit : fnp.de
Parade musik ini dinamakan parade cinta sebagai wujud suka cita masyarakat Jerman dalam menyambut dibongkarnya tembok Berlin. Sejak saat itu, kegiata ini mulai menjadi kebiasaan, walau di tahun 2001 “Love Parade” pernah sepi pengunjung karena masalah dana. 

Insiden berdarah ini memunculkan pertanyaan terhadap manajemen penyelenggara yang dianggap tidak mampu mengantisipasi masalah keamanan dan keselamatan. Sampai saat ini penyelenggara yang bertanggungjawab atas acara tersbut masih ditangani petugas berwajib. 

Sekitar 1,4 juta orang diperkirakan tumpah ruah dalam pesta musik tekno di kota Ruhr – Duisburg. Ini adalah kejadian pertama dalam  Parade Cinta, sebelumnya acara ini selalu berjalan aman dan lancar. 

Masalah berawal, ketika jutaan pengunjung itu harus melewati terowongan untuk mencapai lokasi yang dimaksud.  Kerumunan orang-orang itu hanya dapat melewati satu jalur yang pengap dan gelap. Kapasitas terowongan terlalu sempit dibandingkan jumlah pengunjung yang berlarian dan berdesak-desakan. Akhirnya banyak pengunjung yang kehabisan nafas dan terinjak-injak di dalam terowongan.

Polisi dan petugas kesehatan tidak mampu menjangkau korban yang ada di terowongan karena terlalu padatnya pengunjung. Salah satu saksi mata melaporkan bahwa keadaan yang begitu padat membuat orang yang tidak bergerakpun ikut terlempar. Petugas gawat darurat membutuhkan waktu berjam-jam untuk mengevakuasi korban. 

Penyelenggara acara yang sudah diingatkan oleh petugas keamanan tidak juga membatalkan acaranya. Hal ini semakin membuat ketakutan dan kepanikan pada hari acara tersebut diselenggarakan. Suara DJ yang memainkan alat musik tetap terdengar meniringi teriakan pengunjung minta tolong. 

Parade Cinta yang awalnya adalah kegiatan politik untuk membebaskan Jerman Timur menjadi ajang musik Tekno terbesar di dunia. Sayangnya, insiden berdarah ini telah menodai kegiatan ini. http://www.thelocal.de/national/20100725-28725.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Parade Cinta Membawa Luka"

Post a Comment