Pameran Gladiator di Colesseum

Pameran Gladiator di Colesseum

Roma, Mengunjungi museum dan melihat peninggalan benda-benda kuno, kini tidak perlu berada di dalam ruangan. Di Itali, untuk merasakan para gladiator berlaga, para pengunjung turis dapat langsung melihatnya di Colosseum. 

Topi prajurit bewarna-warni, helm besi, pedang, tameng dan perlengkapan perang Kerajaan Roma kuno yang digunakan oleh gladiator kini dapat disaksikan langsung di Colosseum mellaui sebuah pameran. 

Pameran Gladiator di Colesseum
haikudeck.com
Pameran ini diramaikan oleh sekitar 30 boneka Gladiator. Tujuan penyelenggaraan pameran ini adalah untuk lebih menjelaskan kepada  pengunjung apa yang sesungguhnya terjadi 2000 tahun yang lampau. 

"Ini ukan pameran dengan gaya tradisional, namun bagaimana menyatukan masyarakat modern dengan peninggalan kuno,” ujar direktur Colosseum, Rosella Rea. Dalam kegiatan ini juga dipamerkan beberapa karya seniman Itali, Sulvano Mattesini. 

Mattesini adalah seniman Itali yang terkenal dengan karya-karya peralatan perang kerajaan Itali. Namun juga sebagai seorang ahli sejarah. Mattesini telah menerbitan ratusan karya artistik berupa mosaik, graffiti, patung dan peralatan rumah tangga seperti piring dan vas. 

Mattesini juga mengajak penjahit dan tukang cat yang sangat ahli untuk bekerjasama hingga memungkinkan untuk menghadirkan kehidupan nyata di masa lalu pada saat ini. 

"Rekonstruksi ini bertujuan membantu para pengunjung memahami perbedaan antara pengetahuan yang mereka dapatkan saat ini dengan kenyataan di masa lalu,” ujar Rea. 

"Ada yang harus diingat, jika dilihar ukuran Coloseum, hanya orang-orang di baris terdepan yang bisa melihat pertandingan ini dengan jelas,” tambah Rea.  "Yang lainnya hanya mampu melihat warna dan cahaya yang bergerak, pantulan dari hel, pedang dari para prajurit yang berlaga di bawah terik matahari.”

Pertarungan mematikan prajurit Gladiator ini pertama kali ditulis oleh Valerius MAsximus. Seorang prajurit Gladiator yang bertanding pada masa pemerintahan dua anak Brutus Pera dalam menghormati kematian ayah mereka di tahun 264 SM. 

Setelah beberapa abad kemudian, pertandingan ini menjadi bagian dalam kehidupan sosial dan politik. Pertandingan Gladiator saat itu dibiayai oleh penguasa kaya raya untuk meningkatkan kepopuleran mereka.

Colosseum sendiri pertama kali dibangun oleh Bangsa Vespasia di tahun 80 SM. Menurut penulis Dio Cassius, setidaknya ada 9.000 binatang buas yang terbunuh dalam pertandingan ini. (Lifeinitali.com)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pameran Gladiator di Colesseum"

Post a Comment