Orang Tua Di Cina Dilarang Memata-Matai Kehidupan Maya Anak-Anak Mereka



Orang Tua Di Cina Dilarang Memata-matai Kehidupan Maya Anak-Anak Mereka 

Beijing – Orang tua di Cina kini tidak bisa lagi membuka komputer atau ponsel anak mereka diam-diam.   Hal ini mulai berlaku Bulan September mendatang, setelah lembaga hukum mengabulkan kebijakan baru dalam melindungi hak priivasi anak. 

Aturan baru tersebut, pertama kali akan diberlakukan di Provinsi Chongqing dan kemudian akan diberlakukan di seluruh wilayah Cina. Anak-anak akan mendapatkan perlindungan hukum untuk membela hak-hak pribadi mereka dari “spionase” orang tua. 

Namun sebuah survey di dunia maya, pada portal sina.com memberikan sebuah kenyataan. Sekitar 42% dari 2.500 responden tidak setuju atas kebijakan baru itu. 

Lu Yulin, seorang professor dari China Youth University of Political Science, mengatakan bahwa peraturan ini tidak akan dapat dijalankan. Kemungkinan seorang anak membawa orang tuanya ke jalur hukum karena telah mengintip komputer atau ponsel mereka adalah sangat kecil.  

"Sepertinya aturan ini hanya akan membawa sedikit perubahan, sebagai orang tua, adalah sangat alamiah mengawasi informasi yang masuk ke dalam kehidupan anak-anak mereka," ujarnya. Namun Yulin juga menambahkan, bahwa di sisi lain peraturan ini juga berarti kemajuan pemerintah untuk melindungi hak anak. 

Song Jingbo, seorang siswa kelas 6 tidak merasa khawatir dengan aturan ini. Menurutnya, orang tuanya akan membutuhkan waktu yang panjang untuk dapat menelusuri komputernya. "Dalam menggunakan internet, saya lebih aman ketimbang orang tua saya, “ ujar bocah 11 tahun itu. Jika suatu saat Jingbo mendapati orang tuanya melacak komputernya, ia tidak akan memenjarakan ayah dan ibunya. “Saya tidak akan memanggil polisi, saya tahu mereka hanya ingin melindungi saya.”

Sampai akhir 2009, jumlah pengguna internet dari kalangan anak-anak di Cina meningkat pesat hingga pada angka 126 juta. 74% dari mereka mengaksesnya dari rumah. Hal tersebut dilansir oleh Pusat Jaringan Informasi dan Internet di Cina. http://publication.samachar.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Orang Tua Di Cina Dilarang Memata-Matai Kehidupan Maya Anak-Anak Mereka "

Post a Comment