Seniman Jepang Manga Serukan Agar Anak-anak hindari Internet



Seniman Manga Jepang Serukan Agar Anak-anak hindari Internet 

Misako Takashima, seorang penulis Novel Grafis yang tinggal di New York, khawatir akan banyaknya remaja Amerika yang ditemuinya selama berbagai kegiatan merupakan remaja pengguna internet berat dan kurang bersosialisasi dengan dunia nyata.

‘‘Saya bertemu dengan banyak anak-anak dan remaja yang saya temui yang percaya begitu saja dengan pengetahuan yang mereka dapat dari internet. Dan menganggap internet adalah segalanya,” ujar Takashima. Takashima kini sedang mengerjakan sebuah buku baru yang menggambarkan mengenai kehidupan pribadinya, termasuk turbulensi yang dihadapinya 11 tahun yang lalu saat pertama kali ia menapakkan kaki ke Amerika Serikat. ‘‘Saya ingin anak muda sekarang belajar bahwa mereka tidak dapat mengubah sesuatu tanpa mereka mengambil tindakan,” tambahnya.

Misako Takashima adalah permpuan asal Jepang berusia 33 tahun yang lahir di wilayah Saitama- utara Tokyo. Ia belajar menggambar komik secara otodidak dan tidak memiliki karir professional sebagai seniman manga di Jepang.

Namun tahun 2006 Misako menerbitkan 3 buah buku termasuk di dalamnya ‘‘Rock and Roll Love,’’ karya Misako ini dipilih oleh Perpustakaan Umum New York sebagai buku terbaik untuk karegori remaja setelah dirilis 2007. 
    
Tidak seperti di Jepang, Amerika Serikat tidak memiliki pasar yang besar bagi pecinta komik. Menurut Takashima ia belajar untuk menjadi seniman yang berhasil dengan cara berpromosi melalui sekolah dan perpustakaan sekolah. Tujuannya agar lebih dekat dengan pembaca dan dikenal oleh pembaca secara langsung.

Takashima juga bicara mengenai perbedaan manga Jepang dan novel grafis dari Amerika, di Amerika aturan mengenai seksual dan kekerasana sangat keras dibanding Jepang. www.japantoday.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Seniman Jepang Manga Serukan Agar Anak-anak hindari Internet "

Post a Comment