Seniman Taiwan Melihat Dunia Dari Bulir Pasir


Seniman Taiwan Melihat Dunia Dari Bulir Pasir 

Taipe – Seorang seniman asal Taiwan, Chen Forng harus menggunakan kaca pembesar dan metrial lain saat mengukir atau melukis. Karena ia menggunakan biji pasir dalam membantunya bekerja.

Seniman berusia 54 tahun ini telah membuat karya seni paling mini yang ada di dunia ini, salah satunya adalah buku dengan berat 0,04 ons dan memahat hewan dalam bentuk yang lebih tipis dari lubang jarum. 

“Saya ingin membuat karya seni miniature karena lebih menantang dan inovatif,” ujarnya kepada AFP di studionya di kawasan pinggiran Taipe. Kegiatan ini telah menjadi obsesi di dalam hidupnya, Chen telah menghabiskan setengah dari hidupnya untuk menghasilkan karya. Saat ia bekerja, kaca pembesar super, jarum pengukir dan alat cat yang tipisnya setipis rambut selalu menjadi teman setianya. 

Seniman yang juga bekerja pada pusat perencanaan disain, baru-baru ini menyelesaikan karyanya berupa lukisan dari biji beras. Karyanya tersebut dipajang pada stand Taiwan dan Cina di Shanghai World Expo2010. “Peristiwa ini menjadi sejarah bagi kedua negara, Taiwan dan Cina yang berpartisipasi dalam acara tersebut, saya harap karya yang saya hasilkan dapat menjadi saksi pertalian kedua negara ini, “ ujarnya. 

Taiwan kembali meramaikan pameran dunia setelah 40 tahun absen. Karya seni miniature bukanlah hal baru, beberapa abad yang lalu di Cina, tepatnya pada dinasti Ming (1368-1644) karya seni jenis ini sudah mulai dirintis. Para pejabat atau keluarga terhormat saat itu sudah mulai mengkoleksi biji kacang yang diukir.

“Saya sangat terpesona sekaligus penasaran dengan benda-benda yang sangat kecil yang saya lihat di museum,” ujar alumni sekolah seni professional saat menjelaskan awal ketertarikannya pada seni miniature. 

Chen juga sering bereksperimen dengan materi yang tidak biasa, ia pernah menggunakan serangga sebagai media kreasinya. “Saya akan terus membuat karya seni miniatursetidaknya untuk 10 tahun mendatang, pengelihatan saya masih bagus,” ujarnya. www.chinapost.com.tw

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Seniman Taiwan Melihat Dunia Dari Bulir Pasir "

Post a Comment