Kejuaran Mengingat Di Amerika


Kejuaran Mengingat Di Amerika

Kejuaran Mengingat ke-13 kini sedang berlangsung di Amerika Serikat. Kejuaran yang mengandalkan kemampuan otak untuk mengingat sesuatu ini tidak hanya diikuti oleh masyarakat Amerika saja, tapi juga warga lain seperti Korea Selatan, India, dan lain-lain.

Pada kejuaraan ke-13 lalu, Ronnie White  keluar sebagai salah satu pemenangnya. White adalah mantan angkatan laut US yang pernah dikirim ke Afganistan. “Wah, saya senang sekali, karena artinya saya bisa membuktikan kemenangan ini bukan kesempatan semata. Saya senang bisa mengalahkan diri saya sendiri dan menjadi lebih baik setiap waktu.” Ujarnya setelah meraih kemenangan kedua kalinya. White menang untuk kategori mengingat kartu acak. Tahun lalu ia memenangkan kategori yang sama. 

Setidaknya 50 orang peserta ikut ambil bagian dalam kejuaraan ini. Acara yang berlangsung di Manhattan, New York ini menantang para peserta untuk menghapal nama 99 orang dan fotonya, 50 baris puisi dan 100 digit nomor dengan urutan yang tepat. 

Untuk kategori nomor cepat, seorang ilmuwan komputer, Nelson Dellis (26) memenangkan kategori ini. Dellis mengalahkan rekor White dengan menghapal 178 digit angka beserta urutan yang benar dalam waktu 5 menit.
White yang mampu mengingat kartu dalam waktu 1,5 menit akan menjadi wakil Amerika Serikat untuk bertanding dalam Kejuaraan Mengingat Dunia yang akan dilaksanakan di Guangzhou, Cina. 

Teknik mengingat paling efektif adalah dengan menghubungan kartu dengan gambar tertenu. “Apapun yang ingin anda ingat, anda harus mengaitkannya dengan gambar. Saya menggambarkan kartu-kartu seperti orang yang saya kenal.” Ujar White. Bagi White, mengingat memiliki arti penting dalam hidupnya dan telah banyak mengubah hidupnya. “Saya bertemu seseorang hari ini, dan 6 bulan kemudian saya masih hapal namanya. Jika anda melakukan ini dalam kegiatan bisnis, ini akan sangat membantu.” Tambah White.

Veteran perang berusia 36 tahun itu juga merasakan manfaat daya ingatnya ketika ia masih bertugas. “Saya dapat mengingat berbagai informasi tanpa harus menuliskannya di atas kertas.” 
Untuk menjadi juara dalam kegiatan ini, jangan dipikir tidak ada hubungannya dengan aktivitas fisik dan kebiasaan buruk. Sebulan sebelum pertandingan, para kontestan mengikuti training intensif, termasuk merubah pola makan dan pola hidup mereka. 

“Saya berhenti mengkonsumsi alkohol 3 bulan yang lalu, makan bluberi setiap hari dan mengkonsumsi ontioxidan omega 3.” Ujar Delli. Di waktu senggang Delli juga berolah raga panjat tebing.

Tony Dottino penggagas sekaligus ketua Kejuaraan Mengingat USA mengatakan siapapun bisa memiliki ingatan yang baik. “Memori adalah sesuatu yang kita gunakan setiap hari, namun kita tidak pernah belajar bagaimana menggunakannya. Namun, ada kalanya pada waktu yang lain kita lebih baik melupakan.” (msn.com dan sumber lainnya)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kejuaran Mengingat Di Amerika"

Post a Comment