Menyaksikan Mekarnya Sakura

Menyaksikan Mekarnya Sakura

Di Jepang, menyaksikan mekarnya Bunga Sakura sudah menjadi kebudayaan. Bunga Sakura yang menjadi kebanggan mayarakat Jepang itu, diperkirakan mekar dan bersemi pada 21 Maret di Tokyo hingga 3 Mei di Saporo. Mekarnya Sakura menandakan musim semi telah tiba, artinya perubahan gaya hidup dikarenakan temperature yang lebih hangat.


Mekarnya Bunga Sakura tidak merata di seluruh Jepang. Di Pulau Okinawa, Selatan Jepang, Sakura sudah mekar dari Bulan Januari. Bunga Sakura tidak mekar setiap saat, hanya setahun sekali. Waktu mekarnyapun hanya seminggu. Setelah seminggu, bunga sakura akan gugur dan rontok tertiup angin.

Kebiasaan masyarakat Jepang menuyaksikan bunga sakura yang mekar, biasa disebut Hanami ( melihat bunga). Hanami sudah berlangsung sejak berabad-abad yang lalu. Jika dilihat dari kejauhan Bunga Sakura yang mekar bak gumpalan awan. Jika dilihat dari dekat, warnanya yang indah memberikan kenyamanan. Untuk dapat menyaksikan bunga sakura, pemerintah sudah menyediakan taman umum yang dipenuhi oleh Pohon Sakura. Masyarakat Jepang datang ke taman bersama keluarga dan teman-teman untuk menyaksikan keindahan Sakura bersama. Atau sekedar berpiknik. Namun jangan salah, untuk mendapatkan tempat terbaik, mereka harus antri, atau menunggu sejak pagi sebelum taman dibuka.


Pemandangan terindah Sakura bisa dipadukan dengan pemandangan kuil atau istana Jepang. Sakura juga tumbuh di Cina dan Korea. Bunga Sakura atau Bunga Titis atau Bunga Chery sudah berabad-abad menjadi inspirasi para pujangga, pelukis, dan seniman lain untuk dituangkan dalam karya mereka. 

Banyak bangunan atau sekolah di Jepang yang meletakkan Pohon Sakura di depannya. Mekarnya Bunga Sakura juga menandakan awal tahun ajaran baru. Bunga Sakura juga melambangkan keindahan, umur pendek, juga kekayaan. 

Saat Perang dunia kedua, Bunga Sakura menjadi lambang penting dalam memotovasi para pilot Jepang. Sebelum naik ke pesawat mereka dan melakukan hara-kiri (bunuh diri dengan cara terhormat), mereka membawa batang bunga sakura, atau melukiskannya pada tubuh pesawat atau bagian bom.

Setodaknya ada 200 jenis Bunga Sakura, namun yang paling trekenal adalah jenis Somei Yoshino. Warna dari jenis ini putih berpadu merah muda pucat. Nama Jenis ini diambil dari sebuah desa bernama Somei (kini bagian dari daerah Toshima, Tokyo) dibangun pada akhir Era Pemerintahan Edo dan awal Pemerintahan Meiji, akhir abad 19. Ada juga jenis Fuyuzakura, Sakura musim dingin, yang mekar di saat musim dingin. (japan-guide.com, wikipedia, dll)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menyaksikan Mekarnya Sakura"

Post a Comment