Anak-anak Amerika Semakin Sering Ngemil


Anak-anak Amerika Semakin Sering Ngemil

Sebuah studi di Amerika Serikat menunjukkan bahwa anak-anak semakin sering ngemil. Setidaknya 3 kali sehari anak-anak di Amerika Serikat makan cemilan di luar makan berat.

98% dari anak-anak yang di survey di tahun 2006 menunjukkan mereka mendapatkan jatah kudapan. Hasil ini meningkat 24% dari tahun 1977 yang hanya 74%. Hal tersebut dilaporan oleh Jurnal Kesehatan yang melakukan survey nasional terhadap 3.000 anak-anak di Amerika serikat dari usia 2 hingga 18 tahun.

Anak-anak menghabiskan lebih dari 27% dari kebutuhan kalori mereka dari makanan kudapan. Hal ini ditemukan oleh Barry Popkin dan Carmen Piernas dari Universitas Carolina Utara. “Jumlah kudapan yang paling besar dikonsumsi adalah cemilan asin dan permen."Tulis Popkin dan Pernas seperti yang dikutip dari www.cbc.ca. Hasil lain dari penelitian tersebut, bahwa terjadi peningkatan konsumsi kalori pada anak-anak sebesar 113 kalori per hari.

Pada jurnal yang sama, isu lain yang diangkat antara lain pengaruh iklan terhadap obesitas anak dan usaha sekolah membantu pola makan yang baik bagi anak dengan program makan siang di sekolah dan menghapuskan makanan siap saji.

Thomas Frieden, Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat  mengomentari jurnal tersebut. Ada beberapa kebijakan yang akan diambil, berkenaan dengan isu ini, antara lain: memberikan pajak pada makanan dan minuman yang tidak sehat, promosi untuk makanan sehat dan sayuran akan ditingkatkan, pelarangan terhadap iklan yang 
mempertontonkan kebiasaan makan yang buruk dan usaha berkesinambungan untuk meningkatkan kegiatan fisik pada anak-anak.

“Langkah ini akan segera disosialisasikan mulai dari tingat federal, negara bagian, lokal, public dan sektor swasta. Dari 500 perusahaan terkemuka sampai rumah-rumah, ada banyak hal yang dapat kita lakukan dalam meningkatkan aktivitas fisik, meingkatkan gizi dan membantu anak-anak kita hidup lebih sehat.” Ujar Frieden.

Pada 9 Februari lalu, Presiden barrack Obama bersama isterinya telah memulai kampanye di seluruh Amerika Serikat dalam melawan obesitas pada anak. Diabetes pada anak dapat mengundang berbagai penyakit adalah diabetes, darah tinggi, atau penyakit jantung.  Anak yang obesitas cenderung kurang aktif bergerak, sehingga sel otak kurang mendapat rangsangan. Obesitas pada anak bisa disebabkan oleh faktor genetik, pola makan yang tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik, dan lain-lain. Sebuah data yang didapat oleh L. Bellows and J. Roach (05/09) menunjukkan, 16% dari anak-anak di Amerika usia 2 hingga 19 tahun mengalami kelebihan berat badan. (www.cbc.ca, dan berbagai sumber)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Anak-anak Amerika Semakin Sering Ngemil"

Post a Comment