Kendaraan Listrik Pertama yang diperasikan via online di Korea



Kendaraan Listrik Pertama yang diperasikan via online di Korea

Sebuah mobil listrik yang diperasikan melalui jaringan internet resmi diluncurkan di Korea Selatan. Peresmian kendaraan yang dikenal dengan istilah OLEV (Online Electric Vehicle) di Kebun Binatang  di Gwachein, Provinsi Gyeonggi. Korea Selatan. 

Seoul memutuskan untuk mengoperasikan OLEV pertama kali di kebun binatang pada Agustus tahun lalu. Kebijakan ini diambil untuk menggantikan “Kereta Gajah”, kendaraan yang bisa beroperasi di kebun binatang.  Kendaraan sebelumnya, bentuknya seperti truk yang sudah mengalami modifikasi. Kereta gajah sudah digunakan sejak tahun 1984 dan menggunakan bahan bakar solar. Pengunaan Solar ini yang memunculkan kritik dari berbagai kalangan, karena isu pencemaran lingkungan.

OLEV adalah salah satu karya dari “Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)”. Sumber listriknya diambil dari persediaan listrik bawah tanah yang tidak mempengaruhi listrik di atasnya. Energi itu dapat dari medan magnet bumi yang diubah mnejadi energi listrik.  

Bus listrik ini dapat beroperasi sejauh 2,2 km dengan menggunakan wireless (tanpa kabel) dan dilengkapi batere. 

Rencananya Pemerintah Kota Seoul akan memperluas penggunaan OLEV, jika kendaraan ini terbukti sukses.”Kami mempertimbangkan penggunaaan kendaraan listrik ini untuk sarana transportasi publik lain.” Ujar seorang pegawai kantor pemerintah kota.
Alat transportasi bus menguasai 30% lalu lintas Seoul dan  lalu  dan 90,2 km jalur bus ada di seluruh kota. 

”OLEV menggunakan batere yang kekuatan 1/5 dari kendaraan biasa. Dan bisa digunakan seharian tanpa harus diisi kembali jika mereka hanya berada di jalurnya.” Tambah petugas tersebut. Energi listrik dianggap menjadi salah satu solusi bahan bakar kendaraan di Seoul, karena daerah ini memiliki curah hujan dan salju yang tinggi. ”Energi listrik itu ditelah disimpan dan dikelola di tempat yang khusus, dan ini cocok bagi masyarakat Seoul.” Tambah sang petugas lagi. 

Pemerintah Korea Selatan rencanya akan mengganti kendaraan umum dan kendaraan pemerintah dengan menggunakan bahan bakar yang lebih ramah terhadap lingkungan. (koreantimes-Kwon Mee-yoo)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kendaraan Listrik Pertama yang diperasikan via online di Korea"

Post a Comment