Cina Resmikan Jalur Kereta Cepat Terbaru


Cina Resmikan  Jalur Kereta Cepat Terbaru 

Cina menyelesaikan pembangunan rel untuk kereta berkecepatan tinggi. Biaya yang dikeularkan Pemerintah Cina, US $ 5, 1 milyar. Rel sepanjang 505 km itu akan menghubungkan Zhengzhou dan Xian di pusat Cina dan daerah sekitar barat. Zhengshou adalah ibukota Provinsi Henan dengan populasi lebih dari 7 juta jiwa. Xian adalah ibukota Provinsi dengan populasi 8 juta jiwa. 

Jika rel baru ini sudah beroperasi penuh, berpergian melalui kedua kota ini akan menghemat waktu 2 jam dari 6 jam perjanalan. Penumpang akan semakin bertambah demikian juga dengan pengiriman dan distribusi barang. Dengan demikian akan meningkatkan perekonomian kedua provinsi. Rel baru ini juga menawarkan kenyamanan berkendara dan biaya perjalanan yang hemat ketimbang pesawat terbang.  

Menurut Departemen Pariwisata Cina, industri pariwisata Cina meningkat dengan adanya rel baru ini. Provinci Henan yang kaya akan peninggalan sejarah dan pemandangan alam yang indah akan semakin didatangi wisatawan. Hal ini juga akan berimbas pada terbukanya lowongan pekerjaan baru baru daerah setempat. 

Konstruski rel ini berawal pada September 2005 dengan membangun 61 km terowongan dan 161 km jembatan. Untuk membangun rel kereta ini, Pemerintah Cina mendapatkan bantuan dari Bank Pembangunan Asia (The Asian Development Bank) sebesar US $ 500.000

Cina memang tengah menggalakkan pembangunan sarana transportasi khususnya kereta. Di tahun 2012, Cina sudah merencakan menuntaskan pembangunan rel kereta sepanjang 110.000 km, dan di tahun 2020 menjadi 120.000 km. Di tahun 2012, masyarakat yang akan berpergian dari Beijing ke Henan hanya akan memakan waktu kurang dari 8 jam dengan kereta. 

Kereta dengan kecepatan super, pertama dibangun di ahun 1990, setelah Kementerian Kereta mengajukan proposal. Tahun 1997, kereta konvensial di Cina hampir saja ditinggalkan penumpangnya, karena berbagai kendala dari mulai rel yang bermasalah, keidaknyamanan dan sebagainya. Setelah itu, kampanye kereta berkecepatan tinggi dimulai.

Kereta berkecepatan tinggi pertama di Cina beroperasi abtara Guangzhou dan Shenzhen pada Desember 1994 dengan kecepatan 160 km/ jam. Dengan menggunakan pembangkit listri buatan sendiri. Di tahun 1998, kereta yang digunakan adalah buatan Swedia dengan jenis X 2000,  kecepatan kereta bertambah menjadi 200 jm/jam. (railway-technology.com, wikipedia, dan lainnya)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cina Resmikan Jalur Kereta Cepat Terbaru "

Post a Comment