Bakteri Dalam Air Mineral Di Kanada


Bakteri Dalam Air Mineral Di Kanada

Sekitar 70% mineral botolan di Kanada mengandung bakteri dari standar yang telah ditetapkan oleh India. Laporan ini dipresntasikan pada Pertemuan Umum Asosiasi Mikrobiologi Amerika di San Diego. 

"Bakteri Hetetrophic ditemukan di dalam botol minuman air mineral 100 kali lebih banyak dari jumlah yang ditetapkan,” ujar Sonish Azam, seorang peneliti. Bakteri Hetetrophic merupakan bakteri yang dapat bertahan dalam materi organik. 
Sebuah lembaga penelitian yang berbasis di Montreal C-crest Laboratories Inc melakukan penelitian terhadap air kemasan setelah salah seorang pegawai perusahaan air mineral mengeluh air mineral yang aneh rasanya dan sakit perut setelah meminumnya. 

Menurut Badan Bakteri Amerika Serikat, bakteri yang diizinkan dalam air mineral kemasan adalah 500 koloni per unit per millimeter air. Departemen Kesehatan Kanada belum memiliki standar yang pasti mengenai jumlah bakteri yang diizinkan. Dari beberap pengujian air mineral kemasan di Kanada, memperlihatkan lebih dari 80.000 unit Heterotrophic hidup dalam air kemasan. 

"Jelas ini adalah masalah besar,” ujar Greg Goss, seorang professor Biologi dari Universitas Alberta. Greg juga bekerja sebagai peneliti pada Jaringan Air Kanada. Namun menurut Gos, sulit untuk memastikan secara spesifik jenis bakteri yang ada di dalam air. "Jika kumpulan bakteri ini tidak terkontrol barulah ini membahayakan, namun jika jika jumlah tersebut tetap maka bakteri itu tidak membahayakan.  Tubuh manusia memiliki mekanisme yang dapat beradaptasi dengan bakteri,” ujar Gos.

Pada saat hasil penelitian ini diumumkan di San Diego, para peneliti menolak untuk mengungkapkan merek air mineral yang bersangkuta. Hanya saja air mineral itu diuji di Quebec dan Ontario. Semua sample yang diuji adalah air yang berusia 2 bulan sebelum masuk botol. 

Direktur Asosiasi Air Minum Kemasan Kanadia terkejut ketika mendengar informasi ini. "Dalam pemahaman saya Bakteri Heterotrophic dalam jumlah tertentu merupakan bakteri pathogen dan tidak menganggu kesehatan, “ ujar Elizabeth Griswold.  Menurutnya, air minuman kemasan dalam waktu 24 jam sebelum proses pembotolan selalu diuji, dan kandungan bakterinya di bawah 500 cfu/ml, sesuai standar Amerika Serikat. 

Dari hasil penelitian itu pula akhirnya membuat peneliti mendesak Pemerintah Kanada untuk segera menetapkan standar kesehatan air mineral yang lebih akurat. Standar ini tidak berlaku pada air mineral saja namun juga industri makanan dan obat-obatan. www.cbc.ca

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bakteri Dalam Air Mineral Di Kanada"

Post a Comment