Jepang Kembangkan Scanner Buku Super Cepat



Jepang Kembangkan Scanner Buku Super Cepat  

Biasanya untuk men-scan selembar kertas kita membutuhkan setidaknya 3-5 menit. Dan untuk men-scan buku sepertinya membutuhkan waktu yang cukup lama, apalagi kalau bukunya tebal. Nah, kini, masalah tersebut bisa diatasi dengan ebuah alat yang dikembangkan di Jepang. Scanner super cepat ini dapat men-scan buku hanya dalam hitungan menit. 

Untuk men-scan selembar kertas pada alat konvnsional, biasanya kita harus memasukkan selembar kertas itu ke dalam scanner dan dalam 2-3 menit scanner akan mendeteksi kertas kemudian mentrasnfer gambar ke dalam komputer. Alat scanner super cepat yang dikembangkan oleh tim yang dipimpin oleh Professor Masatoshi Ishikawa menggunakan kamera berkecepatan tinggi sehingga dapat mengambil gambar sebanyak 500 gambar per detik. 

 “Caranya sangat mudah, kamera ini akan mengambil gambar dari sumber yang diinginkan, kemudian direkam seperti layaknya alat scan,” ujar Ishikawa ketika menjelaskan alat yang dikembangkannya itu. 

“Saat gambar itu direkam, lembar demi lembar kertas juga direkam dan di-copy dalam bentuk kertas datar,” tambahnya. 

Sistem ini mampu men-scan dengan kecepatan rata-rata 200-250 halaman buku per detik jika dihubungkan dengan personal computer biasa. Walaupun untuk mempreoses hasil gambar masih membutuhkan waktu, para peneliti berharap terus mengembangkan teknologi yang dapat mempercepat kebutuhan itu. 

“Dikemudian hari, jika memungkinkan untuk meletakkan chip ini dapat dipasangkan pada IPAD atau Pod. Jika begitu, akan sangat mudah men-scan sesuatu dengan sangat cepat dan mudah dibaca,” tambah Ishikawa kepada Reuters. 

Untuk dapat men-scan buku dengan iPhone kelihatannya masih cukup jauh, namun Ishikawa mengatakan jika versi sistem scanning berbasis computer untuk bisa digunakan untuk umum pada dua atau tiga tahun mendatang. 

Teknologi dapat dengan mudah merubah bentuk buku konvensional menjadi buku digital, belum ada kekhawatiran dari para penerbit dalam menanggapi hal ini. www.sambootech.com, www.techchee.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jepang Kembangkan Scanner Buku Super Cepat "

Post a Comment