Tuduhan Diskriminasi Seksual Wal-Mart

www.theodysseyonline.com

Tuduhan Diskriminasi Seksual Wal-Mart

Salah satu waralaba terbesar Amerika Serikat, Wal-Mart harus menghadapi tuduhan diskriminasi seksual dari satu juta karyawan perempuannya. Pengadilan AS sudah memberikan surat tuntutan. 

Reuters – Terpaan angin keras tengah menggoyang salah satu perusahaan retail terbesar di Amerika Serikat, Wal_Mart. Satu juta karyawan perempuannya mengajukan Wal-Mart ke pengadilan atas tuduhan diskriminasi seksual.  

Wal-Mart, telah mengajukan permohonan kepada Pengadilan San Francisco untuk menangguhkan tuntutan. Tuduhan yang dialamtkan kepada Wal_mart merupakan tuduhan diskriminasi seksual terbesar dalam sejarah hokum di Amerika Serikat. 

Tuntutan ini dipicu karena gaji yang diterima karyawan perempuan lebih rendah dibanding karyawan pria. Karyawan perempuan juga hanya sedikit yang mendapatkan promosi..

"Ini hari yang baik, kami telah berada di Pengadilan Ninth Circuit selama 5 tahun, dan perkara ini sudah lama ditunggu,” ujar Brad Seligman, salah satu jaksa dari pihak penuntut. Sementara itu pihak Wal-Mart belum bersedia memberikan komentarnya.

Paul Secunda, seorang Profesor dari fakultas Hukum Universitas Marquette menyebut kasus ini sebagai kemenangan bagi penunut dan kekalahan besar bagi Wal-Mart. "Wal-Mart memiliki potensi kekalahan yang cukup besar,” ujarnya. Hal ini disebabkan karena jumlah penunut yang sangat besar. 

Para pekerja wanita yang menuntut Wal-mart umumnya adalah mereka yang telah bekerja sejak Bulan Juni 2001. Aksi ini didukung oleh buruh lain dari serikat pekerja rokok, minyak dan makanan di Amerika Serikat. 

Menurut pengadilan, walaupun jumlah penuntut Wal-Mart besar, namun belum ada kesan yang mengarah pada kesalahan manajemen. 

Sebelum kasus ini menjadi besar, di tahun 2001, seorang pekerja wanita Wal-Mart pernah menuntut perusahaannya atas tuduhan yang sama. Bersama 6 orang pekerja lain, Betty Dukes mengajukan tuntutan ke pengadilan dan mengajak teman-teman perempuannya yang lain yang telah bekerja sejak tahun 1998. Wal-Mart berargumen, bahwa masalah promosi adalah masalah kebijakan internal dan tidak perlu dibesar-besarkan hingga menjadi masalah nasional. http://www.france24.com/en

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tuduhan Diskriminasi Seksual Wal-Mart"

Post a Comment