Penelitian Kanada-Swedia: Penjualan Kornea Sintetik

Penelitian Kanada-Swedia: Penjualan Kornea Sintetik 

blogys.net
Sebuah penelitian di Kanada-Swedia menghasilkan kornea biosintetik yang dapat membantu kerusakan mata manusia. Kornea ini juga bisa memperbaiki penglihatan. Hal tersebut dilaporkan oleh Jurnal Ilmu Pengetahuan Medis di Swedia, baru-baru ini. 

Kabar baik bagi anda yang memiliki masalah pengelihatan. Studi tentang kornea mata yang dilakukan oleh Swedia telah diuji coba pada 10 pasien menunjukkan hasil positif. Hal tersebut diungkapkan oleh Dr. Per Fagerholm, dariUniversitas  Linköping. Dokter yang bertanggungjawab mengoperasi mata pasien-pasien itu. “Kami sangat bersemangat setelah melihat hasilnya. Kornea Biosintetik cukup menjanjikan,” ujarnya.  

"Materi dan modifikasi lebih lanjut dari operasi ini memang masih dalam proses, dan beberapa penelitian lain sedang dikembangkan untuk pemanfaatan kornea biosintetik ini,” tambahnya lagi. 

Dr. Fagerholm bekerjasama dengan Dr. May Griffith dari Institut Riset Rumah Sakit, Universitas Ottawa. Dan menghasilkan kornea biosisntetik pertama dalam transplantasi kornea mata manusia.  

"Studi ini sangat penting, karena dapat menghasilkan kornea secara massal. Kornea mata ini dapat berintegrasi dengan mata manusia dan merangsang regenerasi pada mata,” ujar Dr. Griffith."Dengan penelitian lebih lanjut, pendekatan ini dapat menyelamatkan jutaan manusia yang sedang menunggu donor kornea mata,” ujarnya lagi.  

Kornea adalah lapisan tipis pada mata yang berisi kolagen dan sel-sel. Kornea berfungsi sebagai jendela pada mata. Lapisan ini mirip lensa tranparan yang memungkinkan cahaya masuk ke dalam mata dan membuat mata focus saat melihat obyek. Penyakit yang mengganggu kornea dapat menyebabkan kebutaan. 

Dr. Griffith dan rekannya, mulai mengembangkan kornea mata biosintetik ini di Ottawa 10 tahun yang lalu.  Dengan menggunakan kolagen dari tubuh manusia yang dihasilkan dari laboraturiumnya dan kemudian membentuknya menjadi kornea. Mereka berinisiatif melakukan uji coba kepada 10 pasien asal Swedia penderita katarak.

Setiap pasien mengalami operasi pemindahan jaringan kornea yang diganti dengan kornea biosintetik. 

Para pasien itu diobservasi secara intensif selama 2 tahun. Para peneliti menemukan bahwa kornea biosintetik yang ditanam pada mata pasien-pasien itu berintegrasi membentuk sel dan jaringan saraf pada mata. Kornea ini berkemang baik dan membentuk jaringan yang sehat. 

Pasien-pasien tersebut tidak mengalami penolakan jangka panjang  dari kekebalan  tubuhnya. Biasanya pasien yang menerima jaringan donor, akan mengalami menolakan dari tubuh akibat reaksi kekebalan tubuh. 

Yang menakjubkan lagi, kornea biosintetik ini juga sangat sensitif terhadap sentuhan dan mulai menghasilkan air mata normal sehingga membuat mata tetap lembab. Dari 10 pasien, 6 pasien mengalami peningkatan penglihatan setelah mengalami transplantasi kornea. 

Source : www.thelocal.se

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penelitian Kanada-Swedia: Penjualan Kornea Sintetik"

Post a Comment