Planet Mars akan terlihat sama besarnya dengan Bulan

Isu “Planet Mars akan terlihat sama besarnya dengan Bulan” Bohong belaka

slate.com
Beberapa hari terakhir ini di dunia maya melalui jejaring sosial atau form ramai diinformasikan mengenai Planet Mars yang terlihat sama besarnya dengan Bulan dari Bumi. Peristiwa itu diperkirakan akan berlangsung pada 27 Agustus 2010, pukul 03:00. 

Informasi itu mengatakan bahwa pada tanggal tersebut, Mars akan berada pada jarak terdekat dengan Bumi, yaitu pada jarak 56 juta km. Sehingga mudah dilihat dan ukurannya akan sama seperti Bulan.  
Salah satu ahli astronomi, David Lane, dari Universitas Saint Marry di Halifax-Kanada tersenyum mendengar berita ini, “Ini betul-betul rekaan.”

Isu tentang kabar ini sudah mulai berhembus sejak tahun 2003. Planet Mars yang awalnya terlihat seperti bintang yang paling terang di dekat bulan, akan membesar hingga ukurannya sama seperti bulan. Saat itulah, jarak revolusi Mars dan Bumi mencapai jaraj terdekat. 

Menurut para ahli, jika ukuran Mars sama seperti Bulan, dan jaraknya cukup dekat dengan bumi, maka hubungan ini akan membawa dampak besar bagi Bumi. Akibat daya tarik menarik yang besar, akan terjadi gelombang pasang air laut dan daratan akan terangkat.

Menurut Lane, para pemburu Bintang tetap akan melihat Mars pada malam Jumat, namun ukuran Mars tidak sebesar itu. “Kita masih bisa menyaksikan Mars, namun pada jarak 320 juta km dari Bumi, dan Mars tidak terlihat lebih besar maupun lebih bersinar dari bintang yang lain.”

Source : www.cbc.ca

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Planet Mars akan terlihat sama besarnya dengan Bulan"

Post a Comment