Lokasi Teleskop Terbesar Dunia Akan Dibuat

Lokasi Teleskop Terbesar Dunia Akan Dibuat
teknologi.news.viva.co.id
Chili, lokasi Teleskop Terbesar Dunia akan dibuat

Organisasi Astronomi Eropa memilih salah satu lokasi di Chili sebagai tempat dibangunnya telescope terbesar di dunia.
Lokasi itu dikenal dengan sebutan Cerro  Armazone, terletak 3.060 dari utara Chili. Lokasi inilah nantinya akan menjadi tempat peneliatian astronomi dunia sekaligus dibangunnya teleskop terbesar di dunia yang diberi nama European Extremely Large Telescope (E-ELT).

Pemilihan lokasi ini didasari atas lokasi yang jauh dari perkotaan dan pemandangan langit yang nyaris sempurna. Pemandangan langit di Cerro Armazone sangat jelas selama 320 malam dalam setahun.

Sebelumnya, proyek yang hampir mirip juga telah didiran tidak jauh dari lokasi ini. ESO's Very Large Telescope (VLT) terletak sekitar 20 km dari Cerro. "Peristiwa ini adalah peristiwa yang penting dalam peradaban manusia yang memungkinkan kita bisa membuka lebih dalam rahasia astronomi,” ujar Tim de Zeeuw, Direktur Jenderal ESO. 

E-ELT adalah teleskop dengan lensa optic yang dapat mendeteksi infra merah, dengan diameter cermin sepanjang 42 meter. Jika ESO disebut-sebut sebagai mata dunia terbesar yang dapat meningintip langit, kemampuan E-ELT lima kali lebih besar daripada teleskop sebelumnya. 

Pembangunan teleskop ini direncanakan dimulai pada akhir tahun 2010. Dan observasi baru bisa dilaksanakan di tahun 2018. Pembangunan ini memakan biaya tidak kurang dari 1 milyar Euro. 

Berita dibangunnya E-ELT menjadi berita yang menggembirakan, karena ketika para ahli astronomi masih sibuk dengan proyek untuk mengorbitkan teleskop seperti Hubble, teleskop E-ELT bisa digunakan tanpa harus menerbangkan teleskop ini ke  luar angkasa. 

Teleskop ESO, dengan cermin berdiameter 3,6 meter di La Silla, Chilli telah berhasil menemukan 75 planet di luar sistem tata surya. www.cbc.ca

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lokasi Teleskop Terbesar Dunia Akan Dibuat"

Post a Comment