Liburan Ke Taman Mini Indonesia Indah

Liburan Ke Taman Mini Indonesia Indah

Liburan di dalam kota Jakarta, tidak melulu ke mall atau pusat perbelanjaan. Salah satu tujuan yang bisa disambangi bersama keluarga adalah Taman Mini Indonesia Indah (TMII). TMII terletak di wilayah Lubang Buaya, Jakarta Timur. Dari arah Kota, bisa naik Busway turun di terminal Cililitan dan meneruskan lagi dengan angkot 02. Dari Lebak Bulus, bisa dijangkau dengan dengan Kopaja ke arah Kampung Rambutan, diteruskan dengan angkot 44. Kalau menggunakan mobil pribadi lebih mudah lagi. Dari arah Lebak Bulus keluar di tol Taman Mini. 



Taman Mini Indonesia Indah, dikelilingi oleh berbagai tujuan wisata lain, ada Taman Anggrek, Gedung Pewayangan, Museum Kesaktian Pancasila - Lubang Buaya. Di dalam TMII sendiri, kita bisa menikmati berbagai wahana. Di sana merupakan miniature Indonesia, untuk melihat rumah adat dari seluruh Indonesia, kita cukup merogoh kocek: Rp 10.000,- per orang dan Rp 10.000,- untuk kendaraan roda emat. Anak usia di bawah 3 tahun, tidak dipungut biaya. Untuk bisa masuk di wahana bermain lain seperti taman burung, taman Bunga, berbagai museum, Taman Burung, Taman Komodo, dan lain-lain pengunjung harus membayar tariff lagi yang berkisar Rp 3.000,- s.d Rp 7.500,-. Untuk bisa menikmati pemandangan indah dari kereta gantung, harga tiket yang dibandrol adalah Rp 40.000,- per orang. Untuk bisa keliling taman mini dnegna kereta monorail, tiket yang dipatok Rp 30.000,-




Para pengunjung tidak perlu khawatir jika kelelahan dan ingin menginap di dalam kompleks TMII, di dalamnya ada penginapan Hotel Desa Wisata yang menyediakan tarif khusus bagi pelajar atau rombongan. Di TMII juga banyak museum, mulai dari museum transportasi, museum air tawar, museum prajurit, museum telekomunikasi, museum Al Quran dan sebagainya. Sehari berada di TMII tidak akan cukup untuk bisa menggali keunikan Indonesia. Soal makanan, Anda tidak perlu khawatir, warung makanan tersebar di seluruh pelosok TMII.



Hal yang perlu dibenahi oleh manajemen TMII adalah toilet yang layak dan wangi. Umumnya toilet umum yang tersebar di komplek TMII kurang bersih dan berbau tidak sedap, dan pengunjung harus bayar Rp 2.000,-.

Tips berkunjung ke Taman Mini : 

  1. Jika waktu Anda Cuma sehari, sebaiknya datang di pagi hari misalnya mulai 08:00 (jam 07:00 sudah buka), kegiatan bisa dimulai dengan olah raga pagi bersama keluarga.  Dilanjutkan dengan sarapan, dan mulai menikmati museum maupun wahana lain di saat pukul 10:00.
  2. Sebaiknya membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah, karena harga makanan dan minuman relative lebih mahal di banding di luar TMII
  3. Kendaraan bisa dibawa masuk, kompleks TMII sangat luas, jika Anda bersikeras berjalan kaki, bisa dipastikan seharian keliling taman mini akan membuat kaki Anda gempor, ini akan menambah biaya pijat. Alternatif lain adalah sewa sepeda atau naik angkutan umum di dalam TMII, namun angkutan di saat akhir pekan cukup ramai dan antri
  4. Sebaiknya rencanakan, wahana apa yang ingin Anda kunjungi, yang paling disukai adalah : Snow Bay Water Park(tarif cuku maham Rp 150.000,- per orang), Teater Imax (Rp 30.000,- per orang), Teater 4 Dimensi (25.000,- per orang) dan lain-lain.

Nah, selamat berlibur.

Penulis : Nurhablisyah, Msi.

Tag : Wisata, Taman Mini, Monorail, Taman Burung, Snow Bay, Water Park, Kereta Gantung

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Liburan Ke Taman Mini Indonesia Indah"

Post a Comment