Jalan Sore KE Museum Zoologi Bogor

Jalan Sore KE Museum Zoologi Bogor

Jika Anda tinggal di sekitar Kota Bogor, Anda tentu sudah tidak asing dengan Kebun Raya Bogor. Lokasi wisata di tengah Kota Hujan itu sudah cukup tersoroh seantero nusantara, terutama karena koleksi floranya. Kebun Raya juga berdampingan dengan Istana Bogor. Sambil menikmati suasana kebun raya yang asri, Anda juga bisa menikmati kemegahan dan keindahan istana Bogor. Bukan itu saja, di sini juga terdapat Museum Zoologi, yang isinya adalah hewan-hewan yang sudah dibekukan dengan menggunakan air raksa. Mengajak anak-anak ke museum bisa jadi hiburan alternative yang juga dapat menambah wawasan anak.


Untuk masuk ke Museum Zoologi, Anda harus masuk melalui Kebun Raya Bogor. Harga tiket per orang Rp Rp 14.000,-, jika Anda membawa kendaraan (mobil atau motor) maka akan dikenakan tarif lagi. Tiket untuk mobil agar bisa masuk dan berkeliling Kebun raya Bogor adalah Rp 30.000,-. Kebun raya Bogor buka sejak pulul 08:00 – 18:00 BBWI sedangkan Museum Zoologi buka pukul 08:00 – 16:30 BBWI. Tiket yang sudah dibayarkan  merupakan tiket terusan yang dapat digunakan untuk melihat-melihat berbagai koleksi yang ada di dalam Kebun Raya Bogor.


Museum Zoologi Bogor didirikan pada tahun 1894, awalnya sebagai laboraturium penelitian flora dan fauna Indonesia. Jika Anda masuk ke dalamnya, Anda langsung disuguhkan oleh kerangka berbagai hewan. Koleksi fauna yang ada di dalam museum ini diletakkan dalam ruangan mirip aquarium kaca tanpa air. Ruang kaca itu cukup besar sehingga  ada yang mampu menampung Badak Sumatera dengan panjang hampir 3 meter. Beberapa koleksi di museum ini antara lain: hewan avertebrata, amfibi, moluska,  reptile dan kerangka iklan paus biru yang ditemukan di Pantai Pamengpeuk, Priangan Selatan pada 1916. Panjang kerangka ini 27,25 meter dengan berat 119.000 kg. Museum Zoologi sudah beberapa kali mengalami renovasi. Sekitar tahun 80-90’an, kerangka ikan paus ini diletakkan di bawah (sejajar dnegan pengunjung), pengunjung bisa menyentuh dan merabanya. Namun banyak tangan iseng yang memumbuhkan tanda tangan atau nama di kerangka itu. Akhirnya, kerangka ikan paus ini diperbaiki dan diletakkan menggantung di atap.

Tips berkunjung ke Museum Zoologi:
  1. Jika berkunjung saat akhir pekan (Sabtu/Minggu) suasana cukup ramai
  2. Tidak terlalu banyak jajanan makanan di dalam kompleks Kebun Raya Bogor, sebaiknya membawa makanan sendiri. Di dalam Kebun raya Bogor ada kafetaria yang menjual makanan kecil dan minuman, tapi jenisnya tidak terallu beragam
  3. Umumnya cuaca di Bogor saat sore hari hujan, jadi jika Anda datang sore, tidak banyak tempat yang dapat Anda kunjungi.
  4. Di beberapa tempat ada tukang foto keliling yang menawarkan foto langsung jadi (print), layanan ini bisa menjadi alternate jika Anda lupa membawa kamera untuk mengabadikan moment bersama keluarga
Penulis : Nurhablisyah, Msi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jalan Sore KE Museum Zoologi Bogor"

Post a Comment