Promising Research Position

Dunia bisnis dewasa ini berbeda dengan dunia bisnis sepuluh tahun lalu. Lingkungan bisnis saat ini semakin penuh dengan ketidakpastian dan hubungan keterkaitan antar pemain di suatu bisnis pun semakin kuat. Semakin besar ketidakpastian tersebut maka perusahaan sebenarnya menghadapi resiko yang semakin besar. Lalu, bagaimana cara untuk mengurangi ketidakpastian tersebut? Jawabannya tidak lain adalah dengan memiliki informasi yang tepat. Informasi membantu perusahaan menghindari resiko yang tidak diinginkan. Tidak heran sekarang ini perusahaan-perusahaan besar memiliki departemen riset sendiri. Sebagian lainnya, memilih menggunakan jasa perusahaan riset. Mereka yang memiliki departemen riset sendiri juga tidak jarang menggunakan jasa perusahaan riset untuk melengkapi informasi yang mereka butuhkan.

Untuk memenuhi permintaan jasa riset maka tidak mengherankan jika pekerjaan di bidang riset saat ini begitu menjanjikan. Di Amerika sendiri gaji rata-rata seorang periset adalah sebesar $ 67,500 pertahun, sementara untuk wilayah Asia Pasifik rata di atas Rp 30 juta/bulan. Perusahaan besar seperti Nielsen mencatat penjualan jasa riset mencapai $ 5.612 juta dolar pada tahun 2012. Hal ini menjadikan Nielsen perusahaan idaman bagi mereka yang ingin bekerja di industri riset.

Jika Anda tertarik bekerja di Industri riset berikut beberapa posisi dalam departemen riset :

1. Vice President of Marketing Research
Merupakan posisi tertinggi pada perusahaan riset. VP bertanggung jawab terhadap seluruh proses riset pemasaran dan bertindak sebagi top manajemen. VP menentukan yang menentukan tujuan departemen riset. 

2. Research Director
Merupakan posisi senior di bidang riset, research director bertanggung jawab terhadap pengembangan dan eksekusi semua projek riset.

3. Assistent Director of Research
Merupakan asisten administratif dari research director dan membawahi sejumlah staff riset.

4. (Senior) Project Manager
Merupakan pihak yang bertanggung jawab terhadap pembuatan desain, implentasi dan pengelolaan sebuah projek riset.

5. Statistician/Data Processing Specialist
Orang yang bertanggung jawab sebagai ahli sebuah teori dan aplikasi teknik-teknik statistik. Tanggung jawabnya meliputi merancang desain riset, mengolah data dan analisis data. 

6. Senior Analyst
Posisi yang berpartisipasi dalam pengembangan projek dan mengarahkan tahap eksekusi riset sebuah projek riset. Senior analyst dalam melakukan tugasnya akan banyak berhubungan dengan analyst, junior analyst, dan personel lainnya dalam menyusun desain riset dan pengumpulan data.

7. Analyst
Seorang analyst bertugas untuk menangani detil dari pelaksanaan sebuah projek riset. Seorang analysit bertugas membuat desain dan melakukan pretes kuesioner dan melakukan analisis awal terhadap data sebelum diberikan kepada senior analyst.

8. Junior analyst
Selain analyst biasanya juga terdapat junior analyst. Junior analyst menangani tugas-tugas rutin seperti melakukan analisis data sekunder, editing dan coding kuesioner, dan membuat analisis statistik dari sample.

9. Fieldwork Director 
Posisi ini bertanggung jawab memilih, melatih, mengawasi, dan mengevaluasi pewawancara (interviewer) dan para pekerja lapangan lainnya.

10. Operational Supervisor 
Umumnya posisi ini diisi oleh para lulusan baru (fresh graduate). Posisi ini bertugas untuk mengawasi kegiatan operasional riset seperti kerja lapangan, melakukan edit data, pengkodean (coding) dan mungkin juga terlibat dalam mengolah dan menganalisis data.

Meskipun pekerjaan di dalam departemen riset beragam namun setiap jabatan tersebut memiliki spesifikasi khusus. Misalnya, untuk posisi statistician harus memiliki kemampuan statistik yang baik. Kemudian research director dan vice presiden selain ahrus memilki kemampuan di bidang statistik juga harus memiliki kemampuan manejemen dan juga keterampilan kepemimpinan.

Setelah membaca penjelasan di atas apakah Anda sekarang tertarik untuk bekerja di bidang riset? Jika ya, berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan dalam mempersiapkan diri Anda untuk bekerja di bidang riset :
  • Ikuti pelajaran mengenai riset dan statistik. Latar belakang ilmu statistik ini akan sangat membantu Anda ketika Anda bekerja di bidang riset. 
  • Kembangkan kemampuan komputer dan pemahaman Anda mengenai internet. Jika Anda memahami bahasa pem-programan akan menjadi nilai lebih bagi Anda. Hal ini karena software yang digunakan untuk analisis data bukan software yang “instan” artinya kita harus menginput perintah agar mendapatkan hasil analisi statistiknya. 
  • Jika bisa, ambil kuliah atau pelajari juga ilmu-ilmu psikologi, sosiologi, ekonomi dan ilmu-ilmu yang berhubungan dengan perilaku manusia. Mengapa? Karena umumnya dalam riset-riset sosial yang menjadi objek penelitian adalah perilaku manusia. 
  • Berpikir kreatif. Kreativitas

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Promising Research Position"

Post a Comment