Peran Penting Riset Pemasaran dalam Bisnis

Pernahkah Anda berpikir bagaimana sebuah produk baru diciptakan? Bagaimana produsen mendapatkan ide untuk menciptakan produk tersebut? Apakah setelah diluncurkan di pasar produk tersebut disukai oleh konsumen?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan yang sering muncul bagi seorang pemasar. Dalam konsep pemasaran modern, konsumen merupakan sentral utama dimana produk yang dipasarkan oleh produsen tidak serta merta akan diterima dan dibeli oleh konsumen. Konsumen dalam konsep pemasaran modern adalah kelompok yang pintar. Konsumen hanya akan membeli produk yang sesuai dengan keinginan mereka dan produsen yang menang dalam kompetisi adalah yang mampu memberikan apa yang konsumen inginkan. Untuk membuat keputusan produk apa yang akan dijual di pasar, seorang produsen terlebih dahulu harus memahami keinginan konsumen. Seorang produsen tentu tidak akan menjual es krim di daerah Kutub pada musim dingin karena tidak akan ada konsumen yang membelinya.

Memahami dan menciptakan produk yang laku dijual memang bukan pekerjaan yang mudah. Di dunia usaha yang semakin kompetitif saat ini produsen bahkan perlu waktu bertahun-tahun untuk menciptakan produk yang tepat. Melalui riset pasar mereka berupaya mengumpulkan informasi yang lengkap mengenai target konsumen dan apa yang diinginkan oleh konsumen. Meskipun pada artikel ini, contoh yang diberikan mengenai riset pemasaran namun riset dalam bisnis sesungguhnya juga diperlukan oleh departemen lain seperti departemen keuangan, pengembangan sumber daya manusia, operasi, dan sebagainya.

Definisi riset pada dasarnya adalah kegiatan untuk mencari informasi penting yang digunakan untuk mendukung suatu gagasan. Sebagai contoh, jika Anda bermaksud untuk mengetahui bagaimana tanggapan konsumen terhadap produk yang Anda jual maka Anda dapat melakukan riset mengenai kepuasan konsumen. Lain halnya jika Anda ingin mencari tahu apakah saham yang baru Anda beli akan memberikan keuntungan positif di kemudian hari maka Anda dapat melakukan riset mengenai profitabilitas perusahaan yang sahamnya Anda beli tersebut.

Mc. Carthy dalam buku Research Methods and Statistics menjelaskan bahwa informasi hasil riset dapat memiliki empat fungsi yaitu:

1. Description 
Riset membantu kita mendeskripsikan suatu fenomena. Jika riset berkaitan dengan konsumen maka informasi hasil riset tersebut dapat mendeskripsikan perilaku dari target konsumen.

2. Explanation
Informasi hasil riset membantu menjelaskan bagaimana suatu fenomena dapat terjadi. Dengan mengetahui penyebab dari suatu fenomena akan membantu menghindarkan kita dari mengambil keputusan yang keliru. 

3. Prediction 
Tidak hanya membantu kita mengambil keputusan yang tepat, informasi dari hasil riset juga dapat membantu kita melakukan prediksi di masa depan, seperti produk seperti apa yang akan diminati konsumen di masa depan, saham apa yang akan memberikan profitabilitas yang tinggi, dan sebagainya.

4. Control behavior
Beberapa produk yang fenomenal di pasar, tidak hanya dapat menciptakan penjualan yang besar namun juga dapat mengendalikan perilaku konsumen menjadi seperti yang diinginkan perusahaan. Sebagai contoh, selain berhasil mencetak angka penjualan menembus 2 juta unit dalam tiga hari peluncurannya Iphone 5 juga mampu mengubah konsumen yang tadinya hanya berpikir telepon haruslah memiliki tombol menjadi menyukai telepon yang tampilannya sederhana dan tanpa tombol.

Dalam melakukan riset, yang perlu diperhatikan adalah objektifitas dari informasi. Artinya informasi yang diperoleh harus sesuai dengan kenyataannya, meskipun informasi tersebut tidak sesuai dengan harapan periset atau bertentangan dengan hipotesis awal. Hasil riset yang kadang tidak sesuai dengan harapan ini bukan berarti hasil riset tersebut tidak dapat digunakan dalam bisnis. Justru sebaliknya, hasil riset tersebut dapat mencegah Anda terjebak dari pengambilan keputusan yang keliru.

Dari penjelasan singkat di atas kini kita mengetahui betapa pentingnya riset dalam suatu bisnis. Riset menyediakan informasi yang dibutuhkan perusahaan dalam mengambil keputusan yang tepat. Namun mungkin sebagian Anda masih berpikir bahwa melakukan riset adalah pekerjaan yang sulit. Oleh karena itu, melalui website ini kami bermaksud membantu Anda mempelajari riset dengan cara yang lebih mudah.

Baca Artikel Lainnya :



Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Peran Penting Riset Pemasaran dalam Bisnis"