Macam-Macam Survei

Pelaksanaan survei saat ini sudah berkembang pesat. Perkembangan teknologi memungkinkan survei dilakukan melalui sejumlah media seperti telepon, email, atau internet.

1. Survei lewat telepon (phone survey)
Pada survei ini interviewer menelpon responden satu per satu kemudian menanyai responden dimana setiap jawaban responden akan dicatat oleh interviewer. Survei ini cocok untuk responden yang berada di tempat jauh dan pertanyaan cukup sulit sehingga perlu ditanyakan langsung oleh interviewer. Survei lewat telepon ini bisa dilakukan secara manual maupun dengan bantuan komputer / operator.

2. In-home survey
Survei ini dilakukan dengan mengunjungi tempat tinggal responden satu per satu.

3. Mall intercept survey
Survei dilakukan dengan cara interviewer secara langsung menanyai responden ketika sedang berbelanja atau jalan-jalan di mall. Metode ini biasa digunakan untuk riset mengenai market-testing.
4. Mail interviews
Jika menggunakan surat secara manual, interviewer atau peneliti mengirimkan surat kepada responden melalui pos. Biasanya dalam amplop yang dikirimkan berisi amplop balasan, surat penutup, dan insentif tertentu. Untuk survey ini biasanya peneliti sudah mengenal responden terlebih dahulu.

5. Mail panels
Mail panel merupakan bentuk interview menggunakan surat yang dilakukan dalam porsi besar (biasanya meliputi satu wilayah negara) dan responden sudah setuju untuk berpartisipasi secara rutin.

6. E-mail interviews
Kuesioner dikirim melalui email kepada responden.

7. Internet interviews
Internet interviews adalah sebuah metode dimana kuesioner diunggah ke sebuah situs. Intenet interviews juga biasa disebut dengan survei online (online survey). Dimana untuk mengakses kuesioner membutuhkan jaringan internet. Contoh online survey yang banyak digunakan adalah GoogleDrive, Monkey Survey, CreateSurvey dan Zoomerang.

Meskipun sebenarnya tidak ada metode yang lebih baik atau lebih buruk, namun dalam menentukan metode apa yang akan Anda gunakan, Anda dapat mempertimbangkan dua hal yaitu informasi apa yang dibutuhkan dan anggaran. Biasanya untuk memperoleh informasi yang sensitif Anda dapat menggunakan metode yang tidak langsung seperti melalui email atau pun survei online.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Macam-Macam Survei"

Post a Comment