Korean Drama Review - Iljimae

Picture From :dramabeans.com


Iljimae
Korean Drama Action Hujan Airmata

Seorang sahabat merekomendasikan drama seri ini sejak tahun 2008. Dari namanya saja sudah banyak mengundang Tanya. Drama Korea memang menjadi salah satu drama paling popular di Asia, bukan hanya penggarapannya yang sangat serius. Namun para sineas Korea sepertinya sangat berdedikasi untuk membuat sebuah tayangan yang sempurna. Sehingga mereka menyiapkan dengan sangat seksama, mulai dari setting, wardrobe, acting para pemain, hingga angle dan jalan cerita yang membuat hati gregetan.

Iljimae adalah panggilan masyarakat Korea pada Dinasti Joseon, di Wilayah Numnung, kepada seorang perampok berhati mulia. Perampok ini meninggalkan bunga Titis Merah (sejenis bunga Persik kali ya), di setiap tempat yang ia rampok. Target perampokan adalah pejabat-pejabat Korup, hasil rampokan dibagi-bagiakan pada masyarakat miskin yang kelaparan atau kesulitan berobat.

Siapakah Iljimae itu? Iljimae sebetulnya adalah nama seorang pria muda yang gagah bernama Asli Lee Geom, Lee Geom adalah putra dari Lee Won Ho, seorang pajabat daerah yang sangat bijaksana dan punya hubungan khuus dengan raja. Lee Won Ho difitnah memberontak. Sebab itu ia dan keluarganya disingkirkan. Lee Won Ho sendiri dijemput ajalnya oleh seseorang tepat di depan mata Lee Geom. Lee Geom saat itu sedang bersembunyi di dalam lemari. Saat kejadian naas berlangsung, seorang pencuri mencuri lemari tersebut. Lelaki itu bernama Swe Dol yang menikahi Dani. Ternyata Dani adalah selir Lee Won Ho yang diasingkan oelh keluarga Lee Won Ho karena mengandung anak Lee Won Ho. Dani hampir saja dihabisi nyawanya, namun Swe Dol menyelamatkannya dan dengan ikhlas menganggapnya sebagai istri dan membesarkan anak Dani yang bernama, Ja Dol. Swe Dol mengalami masalah hokum yang mengharuskan ia menerima hukuman berat, namun Ja Dol ingin membela ayahnya dan menggantikan hukumannya. Dani tidak bisa menerima itu, ia menghadap Pejabat  bernama Byun Sik yang dikenal suka menjilat. Dani mengatakan bahwa Byun Siklah ayah biologis Ja Dol. Maka Jika Byun Sik menghukum Ja Dol, berarti Byun Sik menghukum anak sendiri. Byun Sik memang pernah berhubungan intim. Namun tidak membuahkan anak. Dani berbohong semata mata untuk menyelamatkan Ja Dol dan Swe Dol. Karena pengakuannya itu, Ja Dol diasuh oleh Byun Sik yang sudah mempunya 2 anak, Shi Wan (anak laki-laki manja yang sok tau), dan Eun Cha (anak perempuan yang baik hati dan cerdas).

Sebelum kejadian naas menimpa keluarga Lee Won Ho, Byun Sik datang ke rumah Lee Won Ho. Di sinilah Eun Cha dan Lee Geom pertama kali bertemu dan pertemuan pertama ini menumbuhkan cinta dinatara keduanya.

Keluarga Lee Won Ho diasingkan, Raja memerintahkan putranya juga harus dihabiskan takut kalau sudah besar ia akan balas dendam. Dalam pelariannya, Lee Geom bertemu gadis kecil bernama Boong Soon. Kakak Boong Son dibunuh karena disangka Lee Geom. Lee Geom merasa berhutang budi pada Boong Soon. Mereka berdua dikejar 3 orang pendekar kerajaan. Di tepi jurang Lee Geom mengajak Bong Soon untuk terjun, Bong Soon menolak karena takut. Lee Geom terjun sendiri. Bong Soon diangkat anak oleh pendekar kerajaan yang hampir membunuhnya. Sang pendekar bernama, Kong He. Ia merasa sudah cukup banyak membunuh orang, dan saat bertemu Boong Soon ia tidak tega untuk membiarkannya sendiri.

Karena terjun dari tebing dan masuk ke sungai, ingatan Lee Geom hilang. Ia kembali diselamatkan oleh Sew Dol. Swe Dol dan Dani merawatnya dengan penuh cinta. Swe Dol yang mantan pencuri itu ingin  Lee Geom menjadi anaknya menggantikan Ja Dol yang sudha dirawat Byun Sik. Untuk menutupi jati dirinya, Lee Geom diberi nama Ryung Ah. Swe Dol ingin sekali Ryung Ah mnejadi anak sukses, sekolah dan ikut ujian negara supaya jadi pejabat. Sayangnya, karena berasala dari rakyat jelata, Ryung Ah sering disiksa oleh anak-anak pejabat. Hingga usianya dewasa Ryung Ah belum menyadari jadi dirinya.

Iljimae baru muncul ketika Ryung Ah menyadari bahwa ia adalah seorang anak penjabat yang dianggap pemberontak. Misinya adalah membalas dendam. Pertama ia blajar mencuri dari ayahnya. Belajar berjalan bagai hantu, melompat bagai kuda, dan menempel di dinding bagai laba-laba. Ia juga belajar membuka kunci dengan sangat teliti. Tujuannya sebetulnya bukan untuk mencuri, namun mencari siapakah dibalik pembunuhan ayahnya. Lambat laun teka teki pembunuhan itu terkuak. Namun saat itu kondisi Ryung Ah habis tertusuk pedang. Untuk memulihkan kondisinya dan menambah skill bela dirinya ia belajar dari ayah Bong Son. Ryung Ah belajar memakai pedang, memanah, dan bela diri. Iljimae kembali lagi dengan target menyerang Istana Raja.

Hubungan Ryung Ah dengan ayah angkatnya sangat unik. Mereka sebetulnya sangat encintai namun selalu berusaha menutupinya. Saat paling mengharukan adalah ketika Ryung ah menyiapkan pesta perkawinan untuk Swe Dol dan Dani. Swe Dol tidak tahu jika esok pagi orang sedesa akan menghadiri pesta pernikahannya dengan Dani. Malam itu Ryung Ah sudah menyiapkan segentong air hangat. Ia menggendong ayahnya masuk ke dalam gentong dan menggosok punggung ayahnya. Saat itu ayahnya sudah tau kalau Iljimae adalah Ryung Ah. Swe Dol pura-pura tidak tahu, takut jika rahasia itu membahayahan Ryung Ah.

Ryung Ah berkata, “Ayah, Jika aku mati, aku mohon Ayah dan Ibu bisa bahagia.” “Kamu bicara apa, kebahagiaanku adalah bersana Dani dan Kamu. Kamu sendiri gimana? Kalau ayah mati, apakah kamu bisa bahagia?” Ryung Ah menjawab, “Kebahagiaanku adalah bersama ayah dan Dani.” Keduanya diam sejenak. Dan air mata menetes. Mereka berdua sama-sama menahan air mata di tengah keheningan. “Dasar bodoh! Gosok yang keras, gosokanmu tidak berasa apa-apa” Ujar Swe Dol menutupi suaranya yang serak dan isak tangisnya. “Aku akan menggosok dengan keras, agar dakih-dakih ayah luntur” Kata Ryung Ah menahan air matanya yang mulai membanjiri pipinya.

Sisi romantisme menjadi hal yang sangat menarik di film ini. Bagaimana seorang Iljimae dan Ryung Ah menyukai wanita yang sama dengan gaya yang berbeda. Perempuan beruntung itu adalah Eun Chea. Eun Cha sangat membenci Ryung Ah karena gayanya yang slengean dan kelakuannya yang bodoh. Namun ia mengidam idamkan Iljimae yang pemberani, gagah, dan ksatria. Sampai akhir filmnya, Eun Chea tidak pernah melihat wajah Iljimae di balik topengnya.

Ada juga kisah cinta Boong Sok kepada Ryung Ah yang tidak pernah berakhir. Hubungan Ryung Ah dengan Ja Dol Kakak satu ayahnya baru terbongkar di detik-detik terakhir.

Ryung Ah/Iljimae/ Lee Geom diperankan oleh actor Lee Jun Ki. Sebelum memerankan Iljimae Junki harus menambah bobot tubuhnya, belajar bela diri 8 jam sehari. Pria yang pernah meraih penghargaan sebagai “Pria Paling Populer” tahun 2008 berkat perannya sebagai Iljimae juga seorang atlet Ta Kwon Do. Jun Ki pernah ke Jakarta untuk sebuah promosi kemanusiaan (saying waktu itu aku belum nonton Iljimae, hehehe).

Iljimae juga meraih drama paling popular di tahun 2008. Sang Sutradara Lee Jun Ik pernah harus memberi klarifikasi kepada masyarakat karena banyak gossip yang mengatakan Iljimae akan diperpanjang. Melalui sebuah situs internet, Lee Jun Ik, ,mengatakan tidak akan memperpanjang Iljimae karena memang sudah ditetapkan seperti itu sejak awal. (Emangnya di Indonesia, kalo rating bagus langsung dibuat Season 1, 2, 3, kalo perlu sampe pemainnya udah pada tua..)

Jadi, yang membuat drama ini sangat asik ditonton adalah ceritanya dan karakternya yang pas. Sayapun sempat menangis ketika melihat Swe Dol berkorban jiwa raga untuk anak angkatnya. Oh ya, setiap karakter di drama ini selalu memiliki sisi baik dan buruk. Walaupun seorang pembunuh berdarah dingin, anda tidak akan menebak bagaimana ia adalah seorang yang sangat bijaksana.

Penulis : Nurhablisyah, Msi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Korean Drama Review - Iljimae"

Post a Comment