Rumah Makan Ah Poong Sentul

Rumah makan Ah Poong terletak di dalam Sentul City, belakang Ruko Bellanova. Dari Jakarta, pengunjung dapat melewati tol Jagorawi dan keluar di Sentul City. Keluar dari tol Sentul City,  Anda tinggal mengikuti jalan dan belok kanan. Dari sana, Rumah Makan Ah Poong sudah bisa terlihat. Tempatnya yang terletak di bawah jembatan, diapit oleh sungai membuat rumah makan ini memiliki pemandangan yang indah.


Menu yang tersedia cukup beragam, hampir seluruh masakan nusantara mulai dari masakan berkuah seperti Soto Padang, Soto Tangkar, Soto MI bogor, Sop buntut, dan lainnya disediakan. Demikian pula dengan makanan lain seperti bebek bakar dan goreng, ayam bakar dan goring, sate, es krim, cemilan mulai dari tahu gejrot, cakwe dan sebagainya juga tersedia. Pendeknya, rumah makan ini diperuntukkan bagi siapa saja dengan selera yang berbeda. Untuk kapasitas kursi, Rumah Makan Ah poong memiliki beberapa bagian ruangan dengan total kapasitas tempat untuk 200-300 pengunjung. Harga tiap makanan yang disediakan bervariasi, sekitar Rp 10.000,- per porsi untuk cemilan dan Rp 28.000,-  s.d Rp Rp 55.000,-  untuk makanan berat untuk satu porsi ayam goreng, sate ayam dan soto.   


Jika sudah selesai makan, jangan buru-buru pergi, karena di tempat makan ini juga menyediakan hiburan berupa naik perahu. Anak-anak dan pengunjung lain dapat menikmati aliran sungai sambil naik perahu. Sungai buatan ini memang diperuntukkan agar pengunjung lebih betah dan tertarik mengajak keluarganya ke sini seperti berada di Venice atau Bangkok. Untuk tarif sekali naik perahu sekitar Rp 20.000,- s.d Rp 25.000,- per 6 orang (satu perahu). Sebetulnya untuk naik perahu tidak ada tarif resmi, pengunjung dapat memberikan sesuai kerelaan. Tarif ini hanya hasil pengamatan dari beberapa pengunjung yang lain.  Pemandangan maksimal akan terlihat jika rumah makan ini dikunjungi pada malam hari.

Kekurangannya, fasilitas musholla di tenmoat ini tidak memadai. Ruang mushola sangat sempit dengan kondisi ruangan yang tidak terawat. Untuk menjalankan sholat 5 waktu, sebaiknya pengunjung muslim/muslimah bisa menggunakan Masjid di luar  kompleks rumah makan.  Maka, untuk  segala kelebihan dan kekurangan di rumah makan ini, Kami memberi rekomendasi bintang 3 ( ***).
  • Makanan lumayan enak namun mahal porsi lumayan besar, kadang tidak sesuai dengan harga. Misalnya untuk paket Sop buntut + nasi ( Rp 55.000,-) nasi tidak panas dan keras.
  • Pemandangan indah dan makanan yang beragam
  • Mudah dijangkau dari Jakarta, parkir cukup luas
  • Pelayanan kurang cekatan, beberapa kasus terlihat pengunjung harus antri lebih dari 10 menit untuk seporsi sop buntut atau ayam goring.
  • Musholla tidak layak
Penulis : Nurhablisyah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rumah Makan Ah Poong Sentul"

Post a Comment